Mahal Banget! Kartu Pokemon Gambar Pikachu Terjual Rp 12,9 Miliar

Mahal Banget! Kartu Pokemon Gambar Pikachu Terjual Rp 12,9 Miliar

Panji Saputro - detikInet
Sabtu, 19 Mar 2022 19:09 WIB
Mahal Banget! Kartu Pokemon Gambar Pikachu Ini Terjual Rp 12,9 Miliar
Mahal Banget! Kartu Pokemon Gambar Pikachu Ini Terjual Rp 12,9 Miliar (Foto: Goldin)
Jakarta -

Kartu Pokemon yang menampilkan gambar Pickachu, berhasil memecahkan rekor. Kartu ini memiliki harga paling tinggi saat dilelang yang angkanya mencapai USD 900 ribu atau sekitar Rp 12,9 miliar!

Kartu yang meluncur pertama kali pada tahun 1998 ini, dijual pada situs lelang bernama Goldin dan mampu menempatkan harga tertinggi setelah melalui 34 penawaran. Diberi nama Pikachu - Holo Illustrator, barang langka tersebut menyuguhkan gambar Pikachu dengan beragam ornamen pendukung di dalamnya.

Kendati begitu, seperti dikutip detikINET dari The Gamer, berdasarkan pengamatan dari Professional Sports Authenticator (PSA), nilai Pikachu - Holo Illustrator hanya menyentuh angka 7 dari 10. Berbeda dari pemegang rekor sebelumnya, yang terjual USD 375 ribu atau sekitar Rp 5,3 miliar, kartu ini memperoleh nilai lebih tinggi yaitu 9 poin.

Untuk harga awal pada saat lelang, dibuka pada angka USD 75 ribu atau sekitar Rp 1 miliar. Kemudian jumlahnya berlipat USD 5 ribu atau sekitar Rp 71,6 juta, hingga USD 50 ribu atau sekitar Rp 716 juta di setiap penawaran.

Sedikit informasi, kehadiran kartu ini sendiri tercatat dalam laporan PSA dan hanya ada 23 salinan di seluruh dunia. Pertama kali didistribusikan, kartu tersebut melalui serangkaian kontes ilustrasi yang dihelat oleh Majalah Coro Coro, pada tahun 1997 dan 1998.

Kepopulerannya memang semakin tinggi beberapa tahun belakangan ini. Bahkan Youtuber kondang Logan Paul sempat mengalami kerugian hingga USD 3,5 juta atau sekitar Rp 50 miliar, setelah memboyong koleksi kartu Pokemon palsu.

Logan memang terkenal dengan kecintaannya terhadap barang langka ini. Sebelumnya, ia juga menggelontorkan dana sangat banyak pada bulan Oktober 2020. Dengan melakukan dua pembelian pada harga USD 200 ribu atau sekitar Rp 2,8 miliar dan USD 150 ribu atau sekitar Rp 2,1 miliar.

Lalu pada Februari 2021, jumlahnya menjadi lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Nilainya mencapai USD 2 juta atau sekitar Rp 28 miliar, dengan total enam box yang didapatkan.

Pokemon Trading Card Game (TGC) sendiri, merupakan permainan kartu yang barangnya juga dapat dikoleksi. Permainan kartu ini rilis awal pada Oktober 1996 oleh Media Factory, Jepang.



Simak Video "Pengisi Suara Detective Conan Versi Indonesia Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/rns)