Forum Ekonomi Digital G20 Bawa Tema Inklusivitas hingga Sustainable - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Forum Ekonomi Digital G20 Bawa Tema Inklusivitas hingga Sustainable

Nada Zeitalini Arani - detikInet
Rabu, 16 Mar 2022 12:21 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Pelaksanaan DEWG

Lebih lanjut Johnny menjelaskan tiga isu prioritas digitalisasi akan dibahas melalui serangkaian agenda workshop, meeting, dan side event DEWG yang berlangsung sepanjang tahun 2022 ini.

"Pada bulan ini, kami telah dan akan menyelenggarakan kegiatan. Pertama workshop internal pada tanggal 8 Maret sudah dilakukan. Kedua Kick Off Meeting yang diselenggarakan pada hari ini. Dan ketiga Digital Economic Working Group Meetings pertama pada tanggal 29 hingga 30 Maret yang akan diadakan secara online," jelasnya.

Pertemuan DEWG kedua akan berlangsung tanggal 17-18 Mei di Yogyakarta. Selanjutnya, pertemuan ketiga tanggal 20-21 Juli di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Kemudian pertemuan keempat tanggal 22 Juli di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terakhir pertemuan tingkat Menteri pada tanggal 29-30 Agustus 2022 di Bali.

"Sebagai salah satu agenda penting pada rangkaian perhelatan DEWG G20 ini, kami akan mengundang para menteri di bidang digital dari seluruh negara anggota G20 untuk menghadiri Digital Economy Ministerial Meeting di Bali tanggal 1 hingga 2 September 2022," ujarnya.

"Pada pertemuan tersebut, sebagai Menteri Kominfo, saya akan memimpin untuk mencapai kesepakatan tingkat menteri digital terkait hasil perundingan dari rangkaian DEWG di level Senior Officials sebelumnya," jelas Menkominfo.

Menteri Johnny menyatakan pertemuan puncak menteri digital dari negara Anggota G20 menghasilkan Ministers Declaration yang akan mendorong implementasi kebijakan dan kerjasama internasional dalam bidang ekonomi digital. Sedangkan keseluruhan acara working group dan engagement group akan bermuara pada Leaders Meeting yang akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 15- 26 November 2022 mendatang.

Pada pelaksanaan Leaders Meeting Kementerian Kominfo akan menyelenggarakan Digital Transformation Expo sebagai showcase perjalanan transformasi digital bangsa Indonesia kepada dunia.

"Kami mengundang seluruh pemangku kepentingan untuk turut menghadiri dan berkontribusi pada kegiatan tersebut. Kominfo juga mendapat mandat untuk memandu penyelarasan berbagai isu transformasi digital lintas working group dan engagement group pada Presidensi G20 Indonesia," ujarnya.

"Kami melibatkan knowledge partners Indonesia, strategic stakeholders Indonesia dan berbagai mitra lain untuk memperkaya, mempertajam dan mempersiapkan penyelenggaraan seluruh Sidang DEWG dengan baik," pungkasnya.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT