Misteri Pilot 'Hantu Kiev' Pembantai Rusia, Mitos atau Fakta?

Misteri Pilot 'Hantu Kiev' Pembantai Rusia, Mitos atau Fakta?

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 04 Mar 2022 19:47 WIB
A view of four Russian fighter jets violating the airspace, east of Gotland,  Sweden, Wednesday, March 2, 2022. Sweden says four Russian fighter jets violated its airspace over the Baltic Sea on Wednesday. The four aircrafts — two SU-27 and two SU-24 fighters — flew briefly over Swedish airspace east of the island of Gotland, according to a statement from the Swedish Armed Forces. (Swedish Air Force/TT News Agency via AP)
Ilustrasi jet tempur Rusia (Foto: AP/Swedish Air Force)
Jakarta -

Di Ukraina lagi ada video viral di Twitter bercerita soal Ghost of Kyiv atau Hantu Kiev. Dia adalah pilot misterius pembantai belasan jet tempur Rusia. Bagaimana faktanya?

Cerita Ghost of Kyiv dimulai dari tweet resmi pemerintah Ukraina pada 27 Februari 2022 atau 3 hari setelah invasi Rusia dimulai tanggal 24 Februari 2022. Tweet ini dari akun @Ukraine dengan centang biru.

"Orang menyebutnya Hantu Kiev. Dan tentu saja benar - ace dari UAF ini mendominasi langit di atas ibukota dan negara. Dan sudah jadi mimpi buruk untuk pesawat Rusia yang menyerbu," kata akun @Ukraine.

Tweet itu mencantumkan video jet tempur Ukraina menembak jatuh jet tempur Rusia. Ada kalimat bahwa ini adalah ace pertama sejak Perang Dunia II dari pilot tanpa nama yang menerbangkan MiG-29 berjuluk Ghost of Kyiv.

Ace adalah sebutan untuk pilot yang sudah menghancurkan minimal 5 jet tempur musuh. Hantu Kiev ini diklaim sudah menghancurkan 6 jet tempur Rusia dalam 30 jam pertama invasi. Tanggal 26 Februari 2022, dia diklaim menghancurkan 10 jet tempur Rusia lainnya.

Tweet video itu viral di Twitter, ditonton 1,5 juta kali, dapat 13.200 retweet, 1.321 quote tweet dan 79.800 likes. Reaksi netizen tentu bangga dan berapi-api dibuatnya. Sungguh menaikkan semangat tempur.

Pertanyaannya... Hantu Kiev asli atau tidak? Kantor berita Deutsche Welle Jerman melakukan cek fakta seperti dilansir detikINET, Jumat (4/3/2022).

Hasilnya adalah, video jet tempur itu ternyata dari video game Digital Combat Simulator World. Kemudian tweet lain berupa foto dari mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko yang diklaim sebagai Ghost of Kyiv ternyata adalah foto lama seorang pilot Ukraina.

Kesimpulannya, video dan foto di media sosial yang diklaim sebagai Hantu Kiev adalah palsu. Namun, apakah benar ada pilot ace di Angkatan Udara Ukraina yang menjatuhkan belasan jet tempur Rusia?

Hanya pemerintah Ukraina yang bisa menjawabnya. Kementerian Pertahanan Ukraina tidak menjawab permintaan informasi identitas sang pilot kepada Deutsche Welle. Namun, ada lagi tweet dari Kemenhan Ukraina.

"Lusinan pilot militer berpengalaman dari kapten sampai jenderal yang sudah non aktif, kembali bergabung ke Angkatan Udara. Siapa tahu, mungkin salah satunya adalah pilot MiG-29 yang sering ditonton masyarakat Kiev itu," kata Kemenhan Ukraina merujuk ke Sang Hantu Kiev.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Rudal Rusia Hancurkan Dua Pesawat Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)