Quipper Punya Tes Uji Potensi Buat Cari Minat dan Bakat

Quipper Punya Tes Uji Potensi Buat Cari Minat dan Bakat

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 27 Feb 2022 18:30 WIB
Quipper
Foto: Dok. Quipper
Jakarta -

Guna membantu siswa untuk menemukan minat, bakat, kemampuan, dan potensi diri lainnya, Quipper kini memiliki 12 tes uji potensi berbasis psikologi yang dapat diakses secara bebas melalui laman Quipper Campus.

Menurut penelitian Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF), hanya 13% mahasiswa Indonesia merasa memilih jurusan dengan tepat. Selain itu, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim juga mengatakan bahwa hanya 20% mahasiswa Indonesia yang bekerja sesuai dengan jurusan kuliahnya.

Konsep diri merupakan kemampuan seseorang untuk memahami dirinya sendiri, termasuk kekuatan dan kelemahannya. Dengan kemampuan tersebut, seseorang dapat mengenal potensi diri dan mampu mewujudkan apa yang menjadi keinginan dirinya, sehingga dapat menyelamatkannya dari salah jurusan dan bekerja sesuai dengan program studinya.

Pentingnya menanamkan pengetahuan dan wawasan mengenai pengembangan potensi diri sedini mungkin disadari oleh Quipper yang kemudian bersama Universitas Tarumanagara (Untar) sebagai ekosistem dan institusi pendidikan menyelenggarakan webinar dengan tema "Pahami Diri untuk Menentukan Masa Depan" pada tanggal 18 Februari 2022 lalu.

Webinar yang terbuka bagi seluruh siswa di Indonesia ini menghadirkan dosen dan pakar psikologi ternama di Indonesia, yaitu Untung Subroto S.Psi., M.Psi. yang memberikan pemaparan tentang pemahaman diri yang benar, serta workshop untuk menggali minat dan bakat para peserta sehingga mampu menentukan jurusan kuliah yang tepat dan merencanakan karier di masa depan.

Psikolog Untung Subroto mengajak peserta webinar untuk mengenal diri melalui art activity dan tes psikologi secara singkat, yang membuat peserta semakin antusias dan interaktif selama sesi workshop berlangsung.

"Saya selalu tertarik dengan kehidupan remaja yang sangat dinamis dan penuh perubahan, baik itu perubahan menuju ke hal positif atau sebaliknya. Kepuasan tersendiri bagi saya dapat berkontribusi dalam membantu para remaja memahami dirinya sendiri melalui kemampuan yang saya miliki sebagai seorang psikolog," ujar Untung, dalam keterangan yang diterima detikINET.



Simak Video "Mindful Demography, Cara Unik Kurangi Overthinking"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)