Quipper Gelar Try Out UTBK, Pesertanya Tembus 20 Ribu

Quipper Gelar Try Out UTBK, Pesertanya Tembus 20 Ribu

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 15 Des 2021 10:56 WIB
Quipper
Foto: Dok. Quipper
Jakarta -

Perusahaan pendidikan berbasis teknologi Quipper menggelar Tryout Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada 8-14 November lalu, yang diikuti oleh 20 ribu peserta secara online.

Tryout yang digelar tanpa memungut biaya ini terbuka untuk seluruh siswa kelas 12 SMA/sederajat sebagai simulasi persiapan mengikuti UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

"Pertama, Tryout UTBK Nasional dari Quipper sudah menggunakan sistem penilaian IRT (Item Response Theory) yang digunakan oleh LTMPT. Penilaian dengan IRT akan memberikan bobot nilai sesuai dengan tingkat kesulitan soal. Kedua adalah tersedianya fitur Cek Peluang yang dapat mengukur seberapa besar peluang peserta tryout masuk di PTN yang diinginkan. Ketiga, mereka juga bisa mendapatkan rekomendasi PTN lain sesuai dengan jurusan yang dipilih," ujar Hanani Faiza, Manager dari Quipper Video Masterclass, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Peserta tryout yang sudah membuat akun Quipper dapat langsung menyelesaikan tryout Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA), baik untuk kategori Saintek dan Sosial Humaniora (Soshum) di aplikasi android Quipper maupun melalui browser. Setelah hasil tryout keluar, Quipper menyediakan pembahasan soal tryout dalam bentuk teks maupun video sebagai bahan pembelajaran dan evaluasi.

Luna Oktavia, salah satu siswa peraih skor tryout terbaik asal SMAN 8 Tasikmalaya mengaku ingin masuk jurusan Psikologi Universitas Airlangga. Luna tertarik mengikuti kegiatan Tryout UTBK Nasional agar lebih percaya diri menghadapi SBMPTN 2022 nanti.

"Saya mau melatih mental, memetakan kekurangan diri, dan mematangkan persiapan untuk bisa lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan cara mengikuti kegiatan Tryout UTBK Nasional," ujar Luna.

Bagi peserta peraih skor terbaik untuk setiap kategori tryout, Quipper memberikan apresiasi hadiah uang tunai senilai total Rp 5 juta. Kegiatan Tryout UTBK Nasional ini turut didukung oleh Canon, di mana peraih skor tertinggi tryout juga mendapatkan masing-masing satu buah printer untuk membantu produktivitas dan kreativitas mereka.

Tryout UTBK Nasional gratis dari Quipper akan kembali diadakan pada bulan Maret 2022. Sementara itu, menurut Hanani, bagi siswa pengguna Quipper yang sudah berlangganan Paket Tryout ataupun Paket Intensif, rangkaian tryout UTBK dari Quipper telah tersedia secara berkala dan terjadwal sejak bulan November 2021 hingga April 2022.

Quipper juga telah menyediakan konten terlengkap bagi para siswa yang tengah mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN 2022.

"Bersama Quipper, perjalanan belajar siswa menuju UTBK SBMPTN 2022 akan melalui tiga penguasaan materi, yaitu Persiapan, Pemantapan, dan Pembahasan. Tiga rangkaian materi tersebut adalah strategi belajar yang dirancang agar siswa bisa bersiap diri secara lebih terarah, terstruktur, dan terukur," tutup Hanani.



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)