Pegawai Apple Store di AS Diam-diam Mau Bikin Serikat Pekerja

Pegawai Apple Store di AS Diam-diam Mau Bikin Serikat Pekerja

Josina - detikInet
Senin, 21 Feb 2022 15:40 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Sebuah sumber mengklaim jika ada lebih dari enam pekerja di Apple Store AS yang diam-diam tengah berencana untuk berserikat.

Setidaknya sudah ada dua toko yang mengumpulkan dukungan dari serikat pekerja nasional dan menyiapkan pengajuan ke Dewan Perburuhan Nasional.

Para pekerja pro-serikat dilaporkan telah mengorganisir secara rahasia untuk menghindari adanya kemungkinan penyadapan dan tindakan dari Apple. Mereka menggunakan obrolan terenkripsi bahkan menggunakan ponsel Android untuk menjaga komunikasi tetap pribadi.

Para karyawan diduga telah secara informal menyelidiki rekan kerja untuk mengukur dukungan dan berpotensi mengamankan mayoritas jika terjadi pemungutan suara serikat pekerja.

Apple sebelumnya mengatakan bahwa semua masalah karyawan ditangani dengan serius dan secara menyeluruh menyelidiki masalah ketika mereka muncul, tetapi Apple tidak membahas masalah karyawan tertentu sebagai masalah menghormati privasi mereka yang terlibat.

Dilansir detiKINET dari Engadget, Senin (21/2/2022) Apple tampaknya sudah menyadari upaya serikat pekerja. Sama seperti Amazon, Apple tampaknya menggunakan manajer untuk mengeluarkan peringatan anti serikat pekerja, seperti klaim bahwa pekerja dapat melihat pengurangan gaji dan tunjangan.

Ini bukan pertama kalinya Apple berurusan dengan karyawan yang tidak senang dengan kondisi kerja. Kampanye #AppleToo tahun lalu mengumpulkan ratusan cerita tentang tempat kerja yang buruk dari karyawan ritel dan perusahaan.

Apple belum menunjukkan tanda-tanda yang jelas untuk mengatasi masalah tersebut, dan diduga mendorong dan memecat penyelenggara #AppleToo.

Tidak ada jaminan serikat pekerja akan memperbaiki kondisi, tetapi semakin jelas bahwa karyawan menginginkan perlakuan yang lebih baik.



Simak Video "Pria Bersenjata Sandera Seseorang di Amsterdam, Polisi Berjaga"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/asj)