5 Produk Kesehatan Paling Laris di Tokopedia Selama 2021, Apa Saja?

ADVERTISEMENT

5 Produk Kesehatan Paling Laris di Tokopedia Selama 2021, Apa Saja?

Inkana Putri - detikInet
Jumat, 18 Feb 2022 14:30 WIB
Ilustrasi Tren Belanja Online Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Pandemi COVID-19 memberi dampak terhadap gaya hidup masyarakat saat ini. Guna mencegah infeksi virus, banyak masyarakat yang lebih peduli terhadap kesehatannya. Hal ini terlihat dari tren produk kesehatan yang semakin laris selama pandemi.

"Sepanjang 2021, kesehatan menjadi salah satu kategori paling laris di Tokopedia. Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan dan Semarang merupakan beberapa kota dengan pembeli paling banyak pada kategori ini selama 2021 dibandingkan 2020," ujar VP of Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak dalam keterangan tertulis, Jumat (18/2/2022).

Dari sekian banyak produk kesehatan, Nuraini mengatakan ada 5 produk yang paling laris dibeli melalui Tokopedia selama 2021. Berikut kelima produk tersebut.

1. Masker

Masker menjadi alat pelindung diri yang wajib dikenakan saat pandemi, khususnya selama di ruangan. Bahkan, beberapa ruang publik tak memperbolehkan pengunjung untuk masuk jika tak mengenakan masker. Hingga saat ini, masker memang masih menjadi barang yang dapat mencegah penularan virus. Beragam jenis masker, mulai dari masker rangkap tiga, masker KN95 dan KF94 pun masih menjadi beberapa produk paling diburu masyarakat.

2. Essential Oil

Tren essential oil memang semakin viral selama pandemi. Essential oil memang menjadi minyal alami yang sering digunakan untuk terapi kesehatan. Tak hanya itu, essential oil juga dapat membuat pikiran lebih tenang, hingga meningkatkan mood. Banyaknya manfaat ini membuat penjualan produk essential oil dan diffuser meningkat lebih dari 1,5x lipat di 2021.

3. Multivitamin

Selain menerapkan pola hidup sehat dengan disiplin 3M, mengonsumsi multivitamin juga menjadi satu hal yang paling dianjurkan selama pandemi. Sebab, multivitamin disebut mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Semakin tinggi kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan membuat produk multivitamin mengalami peningkatan transaksi lebih dari 2x lipat sepanjang 2021.

4. Buah dan Sayur

Adanya tren gaya hidup sehat membuat masyarakat menjadi sering mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Mengingat kedua makanan ini banyak mengandung vitamin, serat, serta nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh.

"Kami juga melihat penjualan produk makanan sehat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan lain-lain meningkat hampir 2x lipat selama 2021 dibandingkan 2020," ujar Nuraini.

5. Sepatu Roda dan Skateboard

Selama pandemi, aktivitas seperti olahraga kian digemari oleh masyarakat mulai dari jogging, bersepeda, hingga bermain sepatu roda. Kategori Olahraga pun menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia pada 2021. Hal ini terlihat dari penjualan produk olahraga, seperti sepatu roda dan skateboard hingga perlengkapan lari meningkat lebih dari 2x lipat.

"Ballerbro, salah satu contoh pegiat usaha di kategori Olahraga, turut merasakan peningkatan transaksi sebesar hampir 2x lipat selama kuartal IV/2021 dibandingkan kuartal sebelumnya," tambah Nuraini.

Melihat tren ini, Nurani mengatakan pihaknya berupaya untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan. Salah satunya dengan menghadirkan Tokopedia Peduli Sehat. Ada juga Tokopedia Nyam! yang menggandeng UMKM lokal makanan dan minuman, Tokopedia NOW! yang memungkinkan masyarakat mendapat produk kebutuhan harian seperti sembako dalam waktu maksimal dua jam pengiriman, serta Sportacular yang menyediakan produk-produk olahraga.

"Tokopedia percaya pemulihan ekonomi dan kesehatan dapat berjalan beriringan, maka kami menghadirkan inisiatif untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sekaligus mendorong kemajuan pegiat usaha lokal dari industri yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satunya Tokopedia Peduli Sehat yang menyediakan beragam produk kesehatan terkurasi," pungkas Nuraini.

(akd/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT