Tokopedia Dongkrak Transaksi UMKM Balikpapan hingga 2 Kali Lipat

Tokopedia Dongkrak Transaksi UMKM Balikpapan hingga 2 Kali Lipat

Zefanya Aprilia - detikInet
Jumat, 11 Feb 2022 14:30 WIB
Ilustrasi Transaksi UMKM  Tokopedia Balikpapan
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Inisiatif Hyperlocal yang digencarkan oleh Tokopedia membawa sederet dampak positif di berbagai daerah, termasuk Balikpapan. Terlihat transaksi UMKM Balikpapan di Tokopedia meningkat 2x lipat selama 2021 dibandingkan 2020.

Diketahui, inisiasi Hyperlocal fokus untuk mendukung para pegiat bisnis lokal di berbagai daerah di Indonesia agar memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan usaha melalui teknologi. Upaya tersebut mendapat apresiasi dari pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan.

"Kami mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mengembangkan UMKM Balikpapan. Sinergi antara pemerintah dan pihak swasta merupakan kunci dalam mendorong pembangunan ekonomi di Balikpapan," kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud melalui keterangan tertulisnya, Jumat (11/2/2022).

Sementara itu, Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Emmiryzan mengungkapkan ada lima kategori paling laris selama 2021 di Tokopedia dibanding tahun sebelumnya. Ia membagikan tren jual-beli online di Balikpapan sepanjang 2021.

"Di Balikpapan, Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kesehatan, Kecantikan, dan Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling laris selama 2021 di Tokopedia dibandingkan tahun sebelumnya," ujar Emmir.

Produk daging, paket dan parsel makanan, juga susu menjadi beberapa produk yang laris diburu masyarakat Balikpapan selama 2021 dibandingkan 2020. Emmir mengungkapkan, kenaikan transaksi bidang makanan dan minuman sampai 2,5 kali lipat.

Sementara di kategori Ibu dan Anak, dan Fesyen Anak, ada beberapa produk yang paling dicari masyarakat sepanjang 2021.

"Di kategori Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, tercatat produk seperti popok, makanan dan susu bayi, serta seragam sekolah menjadi beberapa produk paling dicari masyarakat Balikpapan sepanjang 2021 dibandingkan 2020," tambah Emmir.

Selanjutnya di kategori Kesehatan, produk masker, perlengkapan kebersihan, serta nutrisi ibu hamil menjadi beberapa produk paling laris di Balikpapan selama 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

"Di Balikpapan, ada peningkatan penjualan produk face and body paint, pembersih make-up, serta aksesoris rambut pada Kategori Kecantikan dibandingkan tahun sebelumnya," jelas Emmir.

Pada kategori Rumah Tangga, produk seperti Perumahan, Motors and Power Transmission, dan Machinery terlihat banyak diburu oleh masyarakat Balikpapan pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

Berbagai temuan menarik di atas didukung oleh sederet inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang diusung selama 2021 untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, di antaranya adalah Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lagi.

Emmir mengungkapkan produk Sambal Raja Roa merupakan contoh pegiat usaha lokal asal Balikpapan yang aktif mengikuti program KTP Tokopedia. Toko tersebut disebut mengalami peningkatan omzet sebesar 3 kali lipat setelah mengikuti program tersebut.

"Ke depannya, kami akan terus berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal menemukan momentum di tengah pandemi untuk meraja di negeri sendiri," tutup Emmir.

(akd/fay)