Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Pacu Transaksi UMKM Bali Naik 2x Lipat

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Pacu Transaksi UMKM Bali Naik 2x Lipat

Inkana Izatifiqa R Putri - detikInet
Jumat, 28 Jan 2022 10:28 WIB
Transaksi UMKM Bali di Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia terus berupaya mendorong pemerataan ekonomi daerah di wilayah Indonesia, termasuk di Bali. Salah satunya dengan menggencarkan inisiatif Hyperlocal.

Inisiatif yang telah diluncurkan pada pertengahan 2020 ini pun telah menghasilkan berbagai dampak positif bagi para UMKM Bali hingga masyarakat secara umum.

"Berbagai program turunan inisiatif Hyperlocal, seperti Digitalisasi Pasar Tradisional, Sekolah Kilat Seller hingga Mitra Tokopedia, misalnya, telah mendorong peningkatan transaksi UMKM Bali hingga 2x lipat pada 2021 dibandingkan dengan 2020," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Jumat (28/1/2022).

Lebih lanjut, Ekhel menyampaikan, Tokopedia juga mencatat kategori yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi pada 2021 dibandingkan 2020, khususnya di Bali. Beberapa kategori di antaranya kategori Kecantikan, Makanan dan Minuman serta Kesehatan dan Perawatan Diri.

Di tahun yang sama, di Bali, tirai matahari, sayur-sayuran serta masker dan hand sanitizer merupakan beberapa produk yang paling diburu masyarakat lewat Tokopedia.

Ekhel menyebutkan, ada juga berbagai inisiatif turunan Hyperlocal yang membantu masyarakat secara umum dalam memenuhi kebutuhan. Hal ini meliputi Bangga Buatan Indonesia, Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), dan inisiatif lainnya.

"Berbagai inisiatif tersebut membantu masyarakat Bali lebih dekat dengan penjual setempat sehingga UMKM di seluruh penjuru Indonesia, khususnya Bali, punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh," jelas Ekhel.

Agung Bali Mall yang didirikan oleh Komang Rismawati menjadi salah satu contoh UMKM Bali yang turut merasakan dampak positif dari Tokopedia. Berkat bergabung dengan Tokopedia, Komang mengatakan omzet usahanya terus mengalami peningkatan. Tak hanya itu, dirinya pun bisa memberdayakan para perajin lokal.

"Sejak bergabung, omzet kami terus meningkat, kini bisa mencapai belasan juta per bulannya. Bahkan dengan memanfaatkan fitur TopAds, transaksi toko kami bisa meningkat 2x lipat," kata Komang.

"Platform digital seperti Tokopedia telah membantu kami untuk bisa terus memberdayakan sejumlah perajin lokal dari Bali, Lombok hingga pulau Jawa," pungkasnya.



Simak Video "Strategi Bisnis UMKM di Era Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)