Telkomsel Umumkan 12 Startup Terbaik The NextDev Talent Scouting 2021

ADVERTISEMENT

Telkomsel Umumkan 12 Startup Terbaik The NextDev Talent Scouting 2021

Inkana Putri - detikInet
Kamis, 17 Feb 2022 11:25 WIB
Telkomsel Umumkan 12 Startup Terbaik The NextDev Talent Scouting 2021
Foto: Dok. Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel mengumumkan CleanSheet sebagai Best of The Best Startup pada program Corporate Social Responsibility (CSR) The NextDev Talent Scouting 2021. Pengumuman tersebut dilakukan dalam babak Grand Final Pitching Day #UnleashImpact yang digelar secara daring Rabu (16/2), dan sekaligus menjadi penghujung rangkaian penyelenggaraan program The NextDev 2021.

Selain CleanSheet, Telkomsel juga mengumumkan beberapa startup terbaik lainnya di beberapa kategori yang disusun berdasarkan Sustainable Development Goals (SDGs), yakni Quipy (Kategori Economic Empowerment), Educourse (Kategori Edutech for Change), CTScope (Kategori Health Revolution), hingga Atourin (Kategori: Tourism & Ecotourism). Tak hanya itu, startup Sejuta Cita pun terpilih sebagai startup terfavorit berdasarkan sistem voting oleh warganet melalui media sosial @thenextdev.

Selanjutnya, 12 early-stage startup yang menjadi finalis Telkomsel The NextDev Talent Scouting 2021 ini akan mengikuti program The NextDev Academy 2022. Hal ini guna menginkubasi solusi inovatif berbasis digital mereka agar dapat #MelesatDenganDigital secara berkelanjutan, dan mendukung pencapaian SDGs pada 2030.

"Sejak kehadirannya pada tahun 2015, The NextDev Talent Scouting telah menjadi wujud nyata komitmen dan konsistensi Telkomsel dalam mengembangkan ekosistem digital di Indonesia secara menyeluruh dan berkelanjutan. The NextDev hadir sebagai wadah bagi para pelaku perusahaan rintisan tahap awal (early-stage startup) dan para talenta digital yang menggawanginya agar dapat bersama-sama meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan potensi diri mereka, sehingga kita dapat membantu mengembangkan solusi inovatif berbasis digital mereka lebih lanjut dan menciptakan perubahan yang didambakan oleh masyarakat," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki H. Bramono dalam keterangan tertulis, Kamis (17/2/2022).

Lebih lanjut, Saki menyampaikan, program CSR Telkomsel The NextDev Talent Scouting 2021 merupakan sebuah inisiatif untuk mendorong pertumbuhan early-stage startup di Indonesia. Program ini melibatkan rekrutmen menuju inkubasi untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi digital. Program ini juga sekaligus bertujuan membangun talenta digital yang terampil, cekatan, dan berwawasan dalam mengembangkan kewirausahaan digital di Indonesia.

Saki menyebutkan, Telkomsel The NextDev Talent Scouting 2021 membuka kesempatan bagi seluruh early-stage startup di Indonesia untuk bergabung dan menciptakan perubahan bagi masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital tepat guna. Inisiatif CSR ini menjadi upaya Telkomsel dalam mendorong akselerasi ekosistem digital nasional, serta pembangunan sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi digital melalui pemanfaatan kapabilitas, aset, dan ekosistem digital Telkomsel.

Dalam Grand Final Pitching Day #UnleashImpact Telkomsel The NextDev Talent Scouting 2021, 12 tim startup yang terdiri dari hustler, hipster, dan hacker, melakukan pitching tentang Minimum Viable Product (MVP) mereka selama 3 menit. Kegiatan ini dilakukan di hadapan para dewan juri yang terdiri dari Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Fadjar Hutomo, Founder & CEO YCAB Foundation Veronica Colondam, Founder Wahyoo Group Peter Shearer, hingga CEO Telkomsel Mitra Inovasi Marlin Siahaan.

Berdasarkan hasil penilaian dari aspek dampak sosial, produk, model bisnis, traction, manajemen tim, hingga presentasi bisnis, para juri sepakat memilih CleanSheet sebagai Best of The Best Startup, mengungguli 379 startup lainnya. Namun, 12 startup terbaik yang tampil di Grand Final Pitching Day tetap akan mendapatkan benefit berupa 5G, yakni Grant Money, Good Opportunities, Great Mentors, Gain Exposure, dan Golden Ticket to The NextDev Academy 2022.

"Melalui program The NextDev Talent Scouting, Telkomsel berupaya membuka peluang terbaik bagi para pelaku startup digital agar dapat terus bergerak maju dan menggapai mimpinya dalam menciptakan perubahan. Semoga dengan rangkaian program The NextDev, para startup binaan Telkomsel dapat merealisasikan potensi terbaiknya dan #MelesatDenganDigital memberikan kemanfaatan untuk mendorong kemajuan bagi masyarakat," tutup Saki.

Informasi lebih lanjut mengenai program The NextDev #UnleashImpact dan para startup binaan dapat diakses di website www.thenextdev.id dan platform media sosial @thenextdev.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT