Warga Belanda Mau Lempari Kapal Pesiar Jeff Bezos dengan Telur Busuk

Warga Belanda Mau Lempari Kapal Pesiar Jeff Bezos dengan Telur Busuk

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 07 Feb 2022 13:44 WIB
Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, wajar jika Jeff Bezos mengoleksi barang-barang mahal dan eksklusif. Pendiri Amazon ini kabarnya akan menjadi pemilik baru sebuah kapal pesiar mewah senilai USD 500 juta atau kisaran Rp 7,1 triliun.
Warga Protes Kapal Pesiar Jeff Bezos dengan Dilempari Telur Busuk Foto: Dok. Autoevolution
Jakarta -

Warga Rotterdam, Belanda berencana melempari kapal pesiar super mewah milik Jeff Bezos dengan telur busuk. Mereka protes karena tidak terima jembatan bersejarah di kota itu akan dibongkar agar bisa dilewati oleh kapal pesiar Bezos.

Kapal pesiar super seharga USD 485 juta atau sekitar Rp 6,9 triliun itu sedang dibangun oleh Oceanco di galangan kapal yang berlokasi di Kota Ablasserdam dekat Rotterdam. Agar bisa dibawa ke lautan, kapal pesiar itu harus melewati jembatan Koningshaven di Rotterdam.

Kapal pesiar sepanjang 127 meter itu akan memiliki tiga tiang raksasa untuk menempatkan layarnya. Saking tingginya, jembatan Koningshaven yang memiliki clearance sebesar 40 meter harus dibongkar sementara agar bisa dilewati oleh kapal pesiar milik Bezos.

Warga sekitar tentu menolak pembongkaran jembatan yang juga dikenal dengan nama De Hef tersebut. Mereka kemudian membuat event Facebook bertajuk 'Melempar telur ke kapal pesiar Jeff Bezos' sebagai bentuk protes.

"Memanggil semua warga Rotterdam, bawa sekotak telur busuk bersamamu dan mari kita lemparkan bersama-sama ke superyacht Jeff saat berlayar melalui De Hef di Rotterdam," kata deskripsi event itu, seperti dikutip dari Business Insider, Senin (7/2/2022).

"Rotterdam dibangun dari puing-puing oleh orang-orang Rotterdam, dan kami tidak akan membongkarnya hanya untuk simbol phallic seorang miliarder megalomaniak. Tidak tanpa perlawanan," sambungnya.

Hingga Sabtu (5/2) siang, lebih dari 1.700 orang mengatakan akan mengikuti event ini, dan 6.300 lainnya mengaku tertarik untuk ikut.

Dibangun pada tahun 1878, jembatan Koningshaven merupakan jembatan bersejarah dan dianggap sebagai ikon kota Rotterdam. Jembatan ini sempat hancur karena dibom saat Perang Dunia II untuk kemudian dibangun kembali.

Setelah direnovasi pada tahun 2017, otoritas kota Rotterdam mengatakan jembatan ini tidak akan dibongkar lagi. Tapi kantor walikota Rotterdam bersikukuh bahwa proyek kapal pesiar Bezos ini akan mendatangkan lapangan pekerjaan dan membawa keuntungan ekonomi.

Saat ini Walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb mengatakan pihaknya belum mengambil keputusan tentang pembongkaran jembatan Koningshaven. Jika rencana ini dilanjutkan, maka Bezos dan Oceanco sudah berkomitmen akan membayar biaya pembongkaran.



Simak Video "Cara Orang-orang Terkaya di Dunia Hadapi 'Hari Kiamat' "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)