Jembatan Bersejarah Bakal Dibongkar Demi Kapal Pesiar Jeff Bezos

ADVERTISEMENT

Jembatan Bersejarah Bakal Dibongkar Demi Kapal Pesiar Jeff Bezos

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 03 Feb 2022 21:40 WIB
Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, wajar jika Jeff Bezos mengoleksi barang-barang mahal dan eksklusif. Pendiri Amazon ini kabarnya akan menjadi pemilik baru sebuah kapal pesiar mewah senilai USD 500 juta atau kisaran Rp 7,1 triliun.
Jembatan Bersejarah Bakal Dibongkar demi Kapal Pesiar Jeff Bezos Foto: Dok. Autoevolution
Jakarta -

Sebuah jembatan bersejarah di Rotterdam, Belanda akan dibongkar sebagian agar bisa dilewati oleh kapal pesiar super mewah milik Jeff Bezos. Kapal pesiar itu terlalu tinggi dan jembatan yang dilintasi tidak bisa mengakomodasi sehingga harus dibongkar.

Jembatan bernama Koningshaven itu didirikan di Rotterdam pada tahun 1878 dan dibangun kembali setelah mengalami kerusakan yang signifikan saat Perang Dunia II berlangsung.

Jembatan ini juga pernah beberapa kali direnovasi, paling terbaru pada tahun 2017. Renovasi tersebut seharusnya menjadi terakhir kalinya jembatan Koningshaven dibongkar, tapi pemerintah setempat sepertinya membuat pengecualian untuk pendiri Amazon tersebut.

Kapal pesiar yang dipesan oleh Bezos itu dibuat oleh perusahaan Oceanco di galangan kapal yang berlokasi di Kota Ablasserdam dekat Rotterdam. Begitu selesai, kapal pesiar sepanjang 127 meter itu akan menjadi kapal layar terbesar di dunia.

Oceanco sendiri yang meminta pemerintah kota Rotterdam untuk membongkar jembatan Koningshaven karena jarak bebas 40 meternya yang paling tinggi tidak cukup untuk dilewati tiga tiang raksasa kapal pesiar pesanan Bezos. Biaya pembongkaran ini akan ditanggung sendiri oleh Oceanco dan Bezos.

Pemerintah Kota Rotterdam mengatakan pembangunan kapal pesiar ini akan membawa manfaat ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Tapi warga setempat justru mengkritik keputusan tersebut,

"Lapangan kerja itu penting, tetapi ada batasan untuk apa yang Anda dapat lakukan untuk warisan kita," kata anggota Rotterdam Historical Society Tom Wesselink, seperti dikutip dari Gizmodo, Kamis (3/2/2022).

Rumor soal kapal pesiar Jeff Bezos ini terkuak berkat buku 'Amazon Unbound' yang ditulis Brad Stone. Dalam buku tersebut, Stone mengatakan Bezos memesan kapal pesiar super seharga USD 485 juta atau sekitar Rp 6,9 triliun.

Selain kapal pesiar utama sepanjang 127 meter, Bezos juga memesan kapal pesiar lebih kecil yang akan dilengkapi dengan landasan helikopter.



Simak Video "Cara Orang-orang Terkaya di Dunia Hadapi 'Hari Kiamat' "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT