Video Viral Perlihatkan Pekerja Amazon yang Kelelahan

Video Viral Perlihatkan Pekerja Amazon yang Kelelahan

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 05 Feb 2022 08:02 WIB
Gudang Amazon
Foto: Getty Images
Jakarta -

Sebuah video viral di TikTok memperlihatkan seorang pekerja Amazon tertidur di tumpukan paket. Kolom komentar video tersebut dibanjiri kontroversi tentang etos kerja dan kondisi kerja di perusahaan milik orang terkaya dunia Jeff Bezos.

"Work at Amazon, they said," tulis pemilik akun TikTok @rigo.a_ pada teks di video yang merekam rekan kerjanya tertidur tak jauh dari conveyor belt yang sedang berjalan.

@rigo.a_ #amazon #asleep #funny #fyp #fypシ #foryou #foryoupage #xyzbca #sanbernardino #ca #ont5 #amazonsucks #unsafe #horrible #workconditions #underpaid ♬ Oh No - Kreepa

Si pengguna dua kali membagikan video ini ke TikTok, dan baik video pertama maupun kedua sama-sama menerima jutaan views. Beberapa hashtag yang mereka sertakan adalah #workconditions, #amazonsucks, #underpaid, dan #unsafe.

Dikutip dari DailyDot, postingan ini memicu perdebatan tentang tenaga kerja dan kondisi kerja di Amazon. Sedangkan beberapa orang lainnya menyalahkan si karyawan karena tertidur saat sedang bekerja.

"Generasi z tidak menyukai pekerjaan fisik," kata seorang pengguna.

"Bagaimana mungkin kalian menyalahkan Amazon karena kalian tidak tahu bagaimana memiliki jadwal tidur yang baik," kata yang lain.

"Tidak heran mengapa paket saya terlambat," canda yang ketiga.

Namun, banyak juga yang berempati dengan pekerja tersebut dan menduga video tersebut adalah gambaran atas kondisi kerja di lingkungan Amazon yang selama ini kerap diberitakan tidak baik.

"Dia lelah. Bukan berarti dia malas, dia mungkin bekerja berjam-jam, punya 2 pekerjaan, atau punya bayi yang membuatnya terjaga sepanjang malam," kata seorang pengguna.

"Kita tidak bisa menyalahkannya. Ini pekerjaan yang sangat menguras tenaga," kata yang lain.

Selain itu, beberapa pekerja Amazon berbagi pengalaman mereka bekerja di sana.

"Saya bekerja shift malam dan mengasuh anak-anak di siang hari. Sangat berat dan melelahkan," kata seorang pengguna.

"Bekerja di Amazon itu bagus jika Anda lajang. Saya bekerja 6 hari seminggu. Saya punya anak berusia 1 tahun. Saya rasanya tidak punya energi. Saya mencoba bertahan," klaim yang lain.

Yang lainnya menyayangkan rekan si pekerja merekam dan mengupload video ini karena bisa merugikan orang lain. Pekerja Amazon yang tertidur mungkin saja dipecat setelah video ini viral dan diketahui atasannya.



Simak Video "Jurnalis Inggris Hilang di Hutan Amazon, Brasil Kerahkan Militer"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)