Instagram Kurangi Tampilkan Konten Berbahaya

Instagram Kurangi Tampilkan Konten Berbahaya

Josina - detikInet
Minggu, 23 Jan 2022 16:06 WIB
ilustrasi instagram
Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta -

Instagram telah mengambil langkah baru untuk membuat konten-konten yang dinilai berpotensi berbahaya untuk tidak terlalu terlihat di aplikasinya.

Jejaring sosial milik Meta ini mengatakan, algoritma yang mendukung cara postingan di pesan (DM), di umpan (feed), dan di Stories pengguna sekarang tidak akan memprioritaskan konten yang mungkin mengandung intimidasi, ujaran kebencian, atau yang dapat memicu kekerasan.

Meskipun aturan Instagram sudah melarang banyak jenis konten ini, perubahan tersebut dapat memengaruhi batas postingan atau konten yang belum mencapai moderator aplikasi.

"Untuk memahami jika ada sesuatu yang melanggar aturan kami, kami akan melihat hal-hal misalnya, keterangan yang melanggar aturan kami," jelas Instagram dalam pengumuman update terbarunya sebagaimana dilansir detiKINET dari Engadget.

Hingga saat ini, Instagram telah mencoba menyembunyikan konten yang berpotensi tidak menyenangkan dari bagian aplikasi yang dapat dilihat publik, seperti tab Explore tetapi tidak mengubah tampilannya bagi pengguna yang mengikuti akun yang memposting konten jenis ini.

Perubahan terbaru berarti bahwa postingan yang dianggap "mirip" dengan postingan yang sebelumnya telah dihapus akan jauh lebih sedikit terlihat bahkan oleh pengikut.

Juru bicara Meta mengkonfirmasi bahwa postingan yang berpotensi berbahaya nantinya akan dihapus jika melanggar pedoman komunitasnya.

Pembaruan ini mengikuti perubahan serupa pada tahun 2020, ketika Instagram mulai menurunkan peringkat akun yang membagikan informasi yang salah yang dibantah oleh pemeriksa fakta. Namun, tidak seperti perubahan tersebut, Instagram mengatakan bahwa kebijakan terbaru hanya akan memengaruhi unggahan individu dan bukan akun secara keseluruhan.

Selain itu, Instagram mengatakan sekarang akan memperhitungkan riwayat pelaporan masing-masing pengguna tentang cara melihat feed mereka.

"Jika sistem kami memprediksi Anda kemungkinan akan melaporkan kiriman berdasarkan riwayat konten pelaporan Anda, kami akan menampilkan kiriman lebih sedikit di feed Anda," kata Instagram.



Simak Video "Instagram Uji Coba 3 Pilihan Feed Baru, Seperti Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)