Krisis Chip, Pengiriman Smartphone China Alami Kenaikan

Krisis Chip, Pengiriman Smartphone China Alami Kenaikan

Josina - detikInet
Kamis, 20 Jan 2022 21:15 WIB
wanita memegang ponsel
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pasar ponsel pintar China mengalami peningkatan berdasarkan angka terbaru yang berasal dari data pemerintah. Data resmi terbaru menunjukkan bahwa China telah mengapalkan sekitar 342,8 juta smartphone ke pasar domestik pada tahun 2021, yang menunjukkan peningkatan 15,9% dari tahun sebelumnya.

Angka tersebut menunjukkan kinerja yang kuat mengingat penurunan besar yang terjadi akibat pandemi COVID-19. Namun angka saat ini jatuh di bawah kinerja pra-pandemi, tetapi prospeknya tetap cerah.

Pada tahun 2020, total pengiriman sekitar 296 juta smartphone, yang merupakan penurunan 20,4% dari tertinggi pada tahun 2019 sekitar 372 juta unit.

Dilansir detiKINET dari Gizmochina, Kamis (20/1/2022) data ini dikumpulkan dari think-tank yang didukung pemerintah, Akademi Informasi dan Komunikasi China (CAICT).

Angka agregat mengungkapkan kembalinya beberapa merek Cina yang telah mengalami penurunan besar-besaran karena pandemi dan faktor asing lainnya. Kelangkaan chip global yang hingga sat ini masih terus berlangsung juga bisa menjadi faktor yang mungkin memperlambat pertumbuhan.

Pasar ponsel pintar China adalah pasar yang sangat kompetitif, dengan sejumlah besar merek lokal mengambil bagian dari pasar, dan Apple, satu-satunya merek asing dengan kehadiran signifikan di pasar domestik China. Apple terus mencatat kinerja yang kuat di pasar domestik China termasuk Hong Kong dan Taiwan.

Pasar smartphone domestik China sedang rebound, dan proyeksinya positif akan mencapai dan melampaui kinerja pra-pandemi pada tahun 2022.



Simak Video "52 Ponsel Ini Tidak Bisa Gunakan WhatsApp Dengan Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)