Ghozali Kaya Berkat Foto NFT, Sukses Bikin Heboh Indonesia

Ghozali Kaya Berkat Foto NFT, Sukses Bikin Heboh Indonesia

Angling Adhitya Purbaya - detikInet
Jumat, 14 Jan 2022 05:45 WIB
Ghozali Everyday
Ghozali sumringah dengan penjualan NFT-nya (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Kisah Ghozali mendadak kaya karena foto selfie NFT jadi perbincangan se-Indonesia. Apakah dia akan lanjut foto selfie?

Pemuda bernama asli Sultan Gustaf Al Ghozali (22) itu sudah mengambil foto selfie setiap hari sejak lulus SMK 5 Semarang atau tahun 2017 sampai tahun 2021. Iya bermaksud membuat timelapse perubahan dirinya, oleh sebab itu dia berfoto dengan wajah datar yang sama.

"Aslinya itu saya foto setiap hari buat animasi timelapse lima tahun nanti jadi video, begitu," kata Ghozali ditemui detikINET di kampusnya, Udinus Semarang, Kamis (13/1/2022).

Ia mulai belajar NFT dan mendalaminya akhir Desember 2021 kemudian mulai mengunggah foto dirinya hanya untuk sekedar lucu-lucuan. Tapi tidak disangka justru laris dan dia jadi jutawan dadakan.

"Awal-awal itu dipromosiin oleh komunitas NFT Indonesia. Terus orang luar negeri jadi ikutan beli bahkan chef Arnold juga beli. Belinya bahkan sampe 25 gitu, foto wajah saya, hahaha," ujarnya sambil tertawa.

Video timelapse yang dibuat Ghozali sudah jadi dan diunggah di channel youtubenya Ghozali Ghozalu. Tapi ia masih akan memperbanyak foto selfienya sampai lulus kuliah. Fotonya saat memakai toga akan jadi penutup.

"Tahun ini pingin tetap lanjut, ini saya kan semester 7 semoga saja lulus tahun ini kayanya bakal keren kan soalnya awal foto lulus SMK terus di akhirnya bakal lulus kuliah pake toga wisuda. Biar ada awal sama endingnya," kata Ghozali.

Untuk diketahui akun Ghozali Everyday menghebohkan media sosial Tanah Air. Hanya bermodal foto selfie dia meraup lebih dari 1 miliar rupiah lewat NFT. Pantauan detikINET pada Kamis (13/1), koleksi NFT Ghozali Everyday termurah dijual seharga 0,28 ETH atau kisaran Rp 13,5 juta. Dengan total 933 koleksi, maka valuasi NFT milik Ghozali bernilai hampir Rp 12,6 miliar.

"Itu nilai dari keseluruhan yang beli itu ada yang bilang sampe Rp 12 M. Tapi misal ada yang beli Rp 20 juta saya dapat 10% begitu terus. Pendapatan total sekitar Rp 1,5 M," ujar Ghozali.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Bertemu Ghozali, Pemuda Semarang yang Cuan Miliaran Rupiah dari NFT"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/fay)