Ketahuan Google Maps, Mafia Italia Buron 20 Tahun Ditangkap

Ketahuan Google Maps, Mafia Italia Buron 20 Tahun Ditangkap

Josina - detikInet
Sabtu, 08 Jan 2022 05:44 WIB
FAIRFAX, CA - DECEMBER 13:  The Google Maps app is seen on an Apple iPhone 4S on December 13, 2012 in Fairfax, California. Three months after Apple removed the popular Google Maps from its operating system to replace it with its own mapping software, a Google Maps app has been added to the iTunes store. Apple Maps were widely panned in tech reviews and among customers, the fallout resulting in the dismissal of the top executive in charge of Apples mobile operating system. (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Foto: GettyImages
Jakarta -

Kepolisian Italia berhasil menangkap seorang mafia kelas kakap yang telah menjadi buronan selama hampir 20 tahun lamanya. Penangkapan ini berhasil dicapai berkat bantuan dari layanan peta online Google Maps.

Setelah penyelidikan selama dua tahun diketahui mafia bernama Gioacchino Gamino berusia 61 tahun ini didapati berada di Kota Galapagar, Spanyol.

Ia membuka toko buah dengan nama El Huerto de Manu-Manu's Garden. Sejak pindah ke Spanyol, Gamino pun mengubah namanya menjadi Manuel.

Pada gambar di Google Maps di fitur Street View terlihat sosok Gamino sedang berada di luar tokonya dan inilah menjadi kunci bagi polisi untuk menyelidikinya lebih dalam. Para penyidik juga mampu mengidentifikasi dirinya dari bekas luka khasnya.

Buronan Mafia Italia Ditangkap Berkat Google MapsBuronan Mafia Italia Ditangkap Berkat Google Maps. Foto: Google Maps

"Fotogram itu membantu kami mengonfirmasi penyelidikan yang kami kembangkan dengan cara tradisional," ujar Nicola Altiero, Deputy Director of the Italian anti-mafia police unit (DIA) sebagaimana dikutip detikINET dari CNN, Sabtu (8/1/2022).

Gamino adalah anggota kelompok mafia Sisilia yang dijuluki Stidda, telah melarikan diri dari penjara Rebibbia Roma pada tahun 2002 dan pada tahun 2003 telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas pembunuhan yang dilakukan beberapa tahun sebelumnya.

Altiero mengatakan Gamino saat ini ditahan di Spanyol dan mereka berharap untuk membawanya kembali ke Italia pada akhir Februari 2022.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Cara Temukan Tempat Vaksinasi Covid-19 di Google Maps!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)