Apa Saja yang Google Ketahui Tentang Dirimu? Cari Tahu di Sini

Apa Saja yang Google Ketahui Tentang Dirimu? Cari Tahu di Sini

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 05 Jan 2022 08:45 WIB
FILE PHOTO: An illuminated Google logo is seen inside an office building in Zurich September 5, 2018. REUTERS/Arnd WIegmann/File Photo
Apa Saja yang Google Ketahui Tentang Dirimu? Cari Tahu di Sini. Foto: Arnd WIegmann/Reuters
Jakarta -

Google menjadi situs yang kerap kita kunjungi dalam keseharian. Pertanyaannya, apa saja yang Google ketahui tentang dirimu? Penasaran, kan?

Google memang beberapa waktu lalu diperhatikan dalam hal privasi, tetapi sebenarnya penggunaan layanan Google yang berbeda memengaruhi jumlah data yang Google bisa kumpulkan dari kamu.

Bagaimana Google mengumpulkan data milikmu? Caranya tentu dari izin mengakses contohnya lokasi untuk Google Maps, history YouTube yang kamu simpan, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, Google meminta izin untuk menyimpan data milikmu dan kamu yang berhak menentukan apa yang ingin kamu bagikan.

Tapi, sebagaimana detikINET merangkum dari Life Wire, Rabu (4/1/2022), kamu bisa melihat informasi milikmu yang dimiliki Google melalui advertisement settings (klik link).

Selain itu, yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apa saja data yang sudah dikumpulkan Google adalah:

  • Memeriksa riwayat aktivitas web, termasuk situs web yang dikunjungi dan pencarian yang dilakukan.
  • Google juga memiliki halaman web untuk riwayat lokasi yang disimpannya. Informasi ini biasanya lebih menyeluruh untuk pengguna Android daripada pengguna iPhone.
  • Kamu dapat melihat riwayat tontonan YouTube dan riwayat penelusuran YouTube kamu.
  • Tinjau aplikasi dan situs web mana yang menggunakan kredensial Google milikmu untuk masuk atau mengakses informasi dari layanan Google di izin akun Google milikmu.
  • Terakhir, kamu dapat mengunduh paket data dengan semua yang disimpan Google. Cukup buka https://takeout.google.com/settings/takeout, pastikan setiap produk dihidupkan, klik tombol Next dan ikuti petunjuknya. Google akan mengirimkan email berisi tautan untuk mengunduh paket data kamu.


Simak Video "Kominfo Ungkap Alasan Sulitnya Tindak Pelanggar Perlindungan Data Pribadi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)