Teknologi Cloud Disebut Bisa Bantu Turunkan Emisi Karbon - Halaman 2

Teknologi Cloud Disebut Bisa Bantu Turunkan Emisi Karbon

Sponsored - detikInet
Sabtu, 25 Des 2021 21:07 WIB
Ilustrasi Emisi Karbom
Foto: Dok. Unsplash.com

Alat yang dijanjikan Google tersebut memang masih dalam tahap preview. Akan tetapi pelanggan sudah bisa menggunakannya di konsol.

Ilustrasi Emisi KarbomFoto: Istimewa

Anda akan mendapat laporan penggunaan layanan cloud Google dan informasi emisi yang dihasilkan. Lalu Google akan memberi peringatan jika ada cloud yang tidak aktif dan buang-buang energi.

Berikut perkiraan emisi karbon lintas regional GCP.

Ilustrasi Emisi KarbomFoto: Istimewa

Sebelum terbuka untuk umum, pemetaan ini sudah dipakai oleh kelompok khusus seperti peneliti dan pemerintah sejak tahun 2009.

Cara Mengurangi Carbon yang Dihasilkan oleh Google Cloud Users di Indonesia

Google mengklaim data center mereka menggunakan energi yang jauh lebih sedikit dari umumnya. Namun, penggunaan energi tetap saja bisa menghasilkan emisi karbon seperti yang tertera dalam statistik di konsol GCP.

Dilansir dari artikel how to reduce carbon footprint, secara spesifik Google mengajarkan pelanggannya agar tidak boros energi. Untuk menurunkan jejak karbon, berikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan:

  • Pilih layanan cloud dengan CFE% yang tinggi dan intensitas karbon yang rendah.
  • Optimalkan beban kerja cloud, contohnya dengan menggunakan layanan cloud yang fleksibel supaya tidak buang-buang energi.
  • Buat kebijakan khusus di perusahaan Anda untuk membatasi lokasi sumber daya cloud ke wilayah yang lebih bersih.

Intinya, meskipun cloud dapat mengurangi emisi, Anda tetap harus hemat energi. Sebagai langkah awal yang bisa dilakukan adalah mengaudit data energi melalui fitur Carbon Footprint di GCP.

Di Indonesia, salah satu perusahaan yang sudah lebih dulu menguji teknologi tersebut adalah Unilever Plc. Namun tidak ada laporan yang terbuka untuk publik.

Cara Mendapatkan Layanan Google Cloud di Website GITS.ID

Bagaimana cara beralih ke jaringan cloud milik Google? Jika Anda belum memiliki sumber daya yang cukup untuk mengelolanya, GITS.ID siap membantu.

Kami adalah perusahaan pengembangan aplikasi seluler dan situs web yang sekaligus telah menjadi Google Cloud Partner. Itu artinya kami dapat memberi pelayanan lebih optimal terkait penggunaan produk dari layanan GCP.

Paling tidak Anda juga bisa membantu dunia untuk tetap bersih dan minim jejak karbon lewat teknologi Google. Bahkan Anda berkesempatan menggunakan infrastruktur yang sama dengan Google Search Engine.

CEO GITS.ID, Ray Rizaldy, dalam satu keterangannya persnya menyatakan bahwa di industri yang semakin kompetitif, penting untuk membuat operasional lebih efisien dan infrastruktur yang modern.

Teknologi komputasi awan dari Google merupakan sebagai solusi terbaik untuk hal tersebut. "Mari tingkatkan transformasi digital perusahaan dengan Google Cloud, bersama GITS.ID," ujar Ray.

Hubungi GITS.ID untuk konsultasi gratis tentang penggunaan layanan GCP yang bisa meminimalkan carbon footprint.

(Content Promotion/Feritekno)