Akun Seniman Diblok Instagram Gegara Namanya @metaverse

ADVERTISEMENT

Akun Seniman Diblok Instagram Gegara Namanya @metaverse

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 20 Des 2021 21:20 WIB
CEO Facebook Mark Zuckerberg resmi mengganti nama Facebook menjadi Meta. Ia bercita-cita untuk menciptakan ekosistem realitas virtual yang saling terhubung yang ia namai sebagai Metaverse.
Akun Seniman Ini Diblok Instagram, Gara-gara Namanya @metaverse. Foto: Screenshoot AFP
Jakarta -

Facebook ganti nama menjadi Meta, tetapi ada yang jadi korban. Instagram seniman ini diblok karena memiliki username @metaverse. Alasannya karena 'berpura-pura menjadi orang lain', padahal sudah lama ia memakai nama itu.

Facebook, yang memiliki Instagram dan juga WhatsApp pada 28 Oktober mengganti nama payung perusahaan menjadi Meta. Metaverse adalah gagasan yang ingin Facebook lakukan sekarang untuk mengubah masa depan serba digital.

Nah, pada 2 November, Thea-Mai Baumann seorang seniman dari Australia menemukan akunnya disabled. Ada pesan yang tertera 'Your account has been blocked for pretending to be someone else'.

Baumann mengatakan dia telah mencoba untuk memverifikasi identitasnya di Instagram selama beberapa minggu tapi tidak ada respon. Yang ia sesalkan, ada begitu banyak karya yang ia bagikan di akun tersebut dan hilang begitu saja.

"Akun ini adalah satu dekade kehidupan dan pekerjaan saya. Saya tidak ingin kontribusi saya pada metaverse dihapus dari internet," kata Baumann kepada New York Times sebagaimana melansir The Guardian.

"Itu terjadi pada wanita di bidang teknologi, pada wanita kulit berwarna di bidang teknologi, sepanjang waktu," tambah artis keturunan Vietnam itu.

Baumann memulai akun Instagram-nya pada tahun 2012 untuk mendokumentasikan kehidupannya sebagai mahasiswa seni di Brisbane dan perusahaan augmented reality yang ia buat bernama Metaverse Makeovers.

Sebulan setelah Baumann pertama kali mengajukan banding ke Instagram untuk memulihkan akunnya, New York Times menghubungi Meta pada 2 Desember untuk menanyakan mengapa akun Baumann ditutup. Menurut juru bicara Instagram, akun tersebut telah 'dihapus secara tidak benar karena peniruan identitas' dan akan dipulihkan, dua hari kemudian.

"Kami mohon maaf kesalahan ini terjadi," tambah perusahaan itu.



Simak Video "Setiap Orang Bisa Mencoba Kehidupan Virtual di Toko Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT