15 Aplikasi yang Rawan Predator Seksual

ADVERTISEMENT

15 Aplikasi yang Rawan Predator Seksual

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 02 Des 2021 05:44 WIB
Young Asian preteen teenager boy hugging his knee in his bedroom with smartphone, Cyber bullying in kid, depressed child mental health
Aneka Aplikasi yang Rawan Predator Seksual Gunakan Untuk Mencari Mangsa (Foto: Getty Images/iStockphoto/ThitareeSarmkasat)
Jakarta -

Gebrakan era teknologi yang terjadi, memang memberikan banyak manfaat positif. Kendati begitu, seiring dengan trend hal baik yang mengikuti, ada pun dampak buruk yang menyertainya.

Para pengembang kerap kali meluncurkan sebuah aplikasi, di mana memudahkan manusia dalam beraktivitas. Tak luput juga, sebagai sarana hiburan melepas penat dari padatnya kegiatan.

Tetapi perlu diingat, semua itu hadir bukan hanya dinikmati oleh orang dewasa saja. Ada pengguna dengan usia sangat muda, mengunduh dan menggunakannya setiap hari. Hal ini memicu terjadinya sebuah kekejian dan sudah berlangsung sejak lama, yang dilakukan oleh predator seksual.

Mereka semakin mudah dalam menjangkau anak-anak, untuk dijadikan mangsanya. Ini berlaku dalam sebuah aplikasi maupun video game online.

Seperti dikutip detikINET dari Somersetlive, Rabu (1/12/2021), pihak berwenang telah memperingati orang tua di Inggris untuk waspada terhadap permainan online, seperti Roblox, Among Us dan beberapa aplikasi, mulai dari Snapchat, Instagram, Only Fans, Omegle dan Tinder.

Diketahui sudah ada insiden yang pernah terjadi di Avon dan Somerset, Inggris, mengarah kepada seorang anak berusia 11 tahun, dihubungi pelaku melalui Instagram. Dengan tujuan, meminta untuk mengirim foto dirinya tanpa busana.

Senada dengan anak lainnya berusia 14 tahun, mendapat ancaman dengan kekerasan di Snapchat. Predator menyampaikan bahwa mengetahui di mana si anak tinggal atau sekolah. Lalu memberikan ancaman kepadanya, untuk mengirimkan foto yang diinginkan.

Bahkan ada yang menyamar sebagai teman sekelas. Kemudian memaksa dan mengancam mereka, agar memberikan gambar seksual.

Tidak hanya lima aplikasi tersebut, menurut polisi North Yorkshire yang dilansir Metro Inggris, orang tua harus memeriksa ponsel anak-anak mereka, pada ada aplikasi lain yang digunakan pelaku kejahatan seksual. Dari data yang dihimpun dari Metro dan Somerset Live, ada 15 aplikasi yang rawan digunakan predator seksual sebagai berikut:

  1. Whisper
  2. Calculator %
  3. Yellow
  4. Ask.fm
  5. Hot or Not
  6. Burn Book
  7. Wishbone
  8. Kik Messaging
  9. Snapchat
  10. Instagram
  11. Only Fans
  12. Omegle
  13. Tinder
  14. Roblox
  15. Among Us


Simak Video "Tak Cuma Minta Foto, Pelaku Pelecehan Via Game Online Ajak Korbannya VCS"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT