Pertama di RI! GoPay Jago Integrasi Bank Digital & Layanan on Demand

Pertama di RI! GoPay Jago Integrasi Bank Digital & Layanan on Demand

Erika Dyah - detikInet
Jumat, 26 Nov 2021 21:00 WIB
Pertama di RI! GoPay Jago Integrasi Bank Digital & Layanan on Demand
Foto: Dok. Screenshot detikcom
Jakarta -

GoPay dan Bank Jago mengumumkan layanan integrasi tahap lanjutan dari kerja sama antara keduanya yang sudah dimulai sejak 2020 lalu. Kali ini, keduanya menghadirkan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat membuka rekening Bank Jago melalui aplikasi Gojek.

Chief Executive Officer GoPay, Hans Patuwo mengungkap pihaknya berkomitmen untuk mendukung inklusi keuangan melalui berbagai inovasi pembayaran untuk pengguna di Indonesia. Ia berharap dengan adanya kerja sama antara GoPay dan Bank Jago, pihaknya bisa mendukung misi pemerintah untuk mencapai target tingkat inklusi keuangan di Indonesia sebesar 90% pada tahun 2024.

"GoPay telah berkembang dari metode pembayaran yang hanya dapat digunakan di dalam aplikasi Gojek hingga menjadi salah satu pembayaran digital terbesar dengan layanan paling lengkap yang dapat digunakan untuk membayar berbagai keperluan, mulai dari tagihan sampai dengan investasi," ungkap Hans dalam Press Conference GoPay x JAGO: Integrasi Bank Digital & Platform On-Demand untuk Inklusi Keuangan Indonesia yang berlangsung secara virtual.

"Kerja sama dengan Bank Jago mengukuhkan langkah GoPay dalam memberikan akses layanan keuangan yang mudah dan terpercaya kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Dalam acara yang sama pada Kamis (25/11), Direktur Utama Bank Jago, Kharim Siregar mengungkap integrasi ini merupakan satu cara baru dalam menawarkan layanan keuangan kepada para pengguna GoPay, sehingga para pengguna maupun nasabah bisa mendapatkan pengalaman bertransaksi yang relevan dengan gaya hidupnya. Menurutnya, integrasi ini memberikan layanan secara praktis, seamless, dan jauh lebih cepat.

"Hari ini saya dengan gembira bisa melakukan sharing bahwa sekarang dengan integrasi layanan Jago dan GoPay masyarakat bisa langsung membuka rekening JAGO dari aplikasi Gojek. Saya rasa ini merupakan satu terobosan baru di mana Bank JAGO sebagai tech base bank bekerja sama dengan Gojek dan GoPay sebagai platform on-demand bisa melakukan integrasi dan melakukan layanan bersama kepada masyarakat sehingga bisa mempercepat inklusi keuangan," kata Kharim.

Kharim menilai dengan hadirnya kemudahan bagi masyarakat untuk bisa membuka rekening kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi Gojek, pihaknya bisa mengakselerasi inklusi keuangan karena tidak ada lagi period to entry yang harus dilewati saat membuka rekening.

Selain mendorong inklusi keuangan, ia pun berharap melalui kolaborasi ini GoPay dan Bank Jago dapat turut berpartisipasi dalam upaya akselerasi ekonomi digital di Indonesia. Menurutnya, kerja sama strategis dari kedua pihak bisa membuka banyak peluang lainnya menuju ekonomi digital di masa depan.

Kharim juga menekankan, pihaknya tak hanya menghadirkan layanan yang simpel, inovatif, dan cepat. Akan tetapi telah membekali layanan integrasi ini dengan sistem keamanan yang mumpuni.

"Security itu tidak ada komprominya. Baik GoPay maupun Bank Jago memiliki regulator yang memastikan kita memenuhi semua standar security yang saat ini berlaku. Untuk GoPay itu ada Bank Indonesia dan Bank Jago ada OJK serta Bank Indonesia. Mereka memastikan bahwa kami sebagai institusi memiliki tanggung jawab dan komitmen untuk memenuhi semua standar security agar kita bisa memastikan tidak terjadi adanya penyalahgunaan," tegasnya.

Pertama di RI! GoPay Jago Integrasi Bank Digital & Layanan on DemandFoto: Dok. Screenshot detikcom

Lebih lanjut, Chief Marketing Officer GoPay, Fibriyani Elastria menjelaskan layanan integrasi yang dihadirkan GoPay dan Bank Jago kali ini bisa diakses dengan cara mudah. Untuk membuka rekening, masyarakat hanya membutuhkan 2 hal, yaitu menyediakan KTP dan memiliki aplikasi Gojek.

"Dari situ tinggal melakukan proses yang diperlukan untuk membuka akun bank melalui aplikasi Gojek. Mungkin dibutuhkan sekitar 5 menit untuk melakukan proses pendaftarannya dan dalam waktu maksimal 1x24 jam rekening bisa langsung aktif. Bisa di mana saja dan kapan saja," tutur Fibriyani.

Ia menambahkan, layanan integrasi ini juga menawarkan keuntungan lain bagi masyarakat. Sebab, pengguna Gojek yang membuka akun rekening di Bank Jago melalui Gojek tidak akan dikenai biaya transfer, juga bebas biaya TopUp antar Gopay dan Bank Jago. Selain itu, pendaftarannya pun gratis alias tidak dikenakan biaya apapun dan tidak ada ketentuan saldo minimal untuk pembukaan rekening ini.

Sebagai informasi, sebelumnya GoPay dan Bank Jago telah mengenalkan inovasi dari kerja sama strategis tahap awal berupa adanya Kantong Jago. Fitur ini dapat membantu nasabah mengatur keuangan dengan aplikasi Gojek. Melalui fitur ini, nasabah dapat mengalokasikan dana di Kantong Jago dan menggunakan Kantong tersebut untuk membayar berbagai layanan seperti transportasi, makanan dan tagihan yang ada di dalam aplikasi Gojek.

(akd/fay)