Facebook Matikan Teknologi Pengenalan Wajah, Kenapa?

Facebook Matikan Teknologi Pengenalan Wajah, Kenapa?

Josina - detikInet
Rabu, 03 Nov 2021 13:40 WIB
LONDON, ENGLAND - AUGUST 06: In this photo illustration an Apple iPad displays its home screen on August 6, 2014 in London, England.  iPad maker Apple is selling fewer units than in the same quarter in 2013, it is reported.  (Photo illustration by Peter Macdiarmid/Getty Images)
Foto: GettyImages
Jakarta -

Salah satu fitur yang dimiliki Facebook adalah facial recognition (pengenalan wajah). Dengan fitur ini, aplikasi dapat mengidentifikasi wajah dalam sebuah foto sehingga memudahkan pengguna untuk men-tag pengguna lain dalam gambar.

Namun rupanya banyak pengguna merasa tidak nyaman pada sistem tersebut mengingat Facebook juga memiliki rekam jejak privasi yang tidak baik dalam beberapa tahun terakhir ini.

Deengan demikian, Meta induk perusahaan Facebook telah mengumumkan bahwa mereka akan menghapus sistem tersebut untuk selamanya dan semua data dari pengenalan wajah yang terkait juga akan dihapus.

"Ada banyak kekhawatiran tentang tempat teknologi pengenalan wajah di masyarakat dan regulator masih dalam proses memberikan seperangkat aturan yang jelas yang mengatur penggunaannya," kata Meta dikutip detiKINET dari Ubergizmo.

"Di tengah ketidakpastian yang sedang berlangsung ini, kami percaya bahwa membatasi penggunaan pengenalan wajah pada serangkaian kasus penggunaan yang sempit adalah tepat." lanjutnya.

Meta percaya pada potensi dan manfaat pengenalan wajah tetapi tampaknya sampai keseimbangan yang tepat ditemukan, mereka tidak akan lagi menggunakannya di Facebook.

"Setiap teknologi baru membawa potensi manfaat dan perhatian, dan kami ingin menemukan keseimbangan yang tepat. Dalam hal pengenalan wajah, peran jangka panjangnya dalam masyarakat perlu diperdebatkan secara terbuka, dan di antara mereka yang akan paling terpengaruh olehnya." ujarnya.



Simak Video "Wajah Baru Facebook Sebagai Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)