Amerika Larang Anak Pakai Kostum Squid Game saat Halloween

Amerika Larang Anak Pakai Kostum Squid Game saat Halloween

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 31 Okt 2021 11:32 WIB
Squid Game
Amerika Serikat Larang Anak Gunakan Kostum Squid Game saat Halloween (Foto: dok. Netflix)
Jakarta -

Amerika Serikat (AS), jadi negara yang melarang penggunaan kostum Squid Game bagi anak-anak Sekolah Dasar (SD). Kendati begitu, mengapa demikian?

Seperti dikutip detikINET dari The Guardian, Minggu (31/10/2021), bahwa sekolah telah memperingatkan orang tua, agar tidak mengizinkan anak-anak mengenakan pakaian yang terinspirasi dari serial Netflix. Di mana terdapat kekerasan yang ditampilkan dalam pertunjukannya.

Diketahui bahwa setidaknya ada tiga SD yang menggaungkan hal ini, yaitu SD Mott Road, Enders Road dan Fayetteville. Dalam sebuah catatan kepada para wali, sekolah telah memperhatikan siswa bermain game, yang meniru beberapa konsep dari Squid Game saat istirahat.

Inspektur Distrik Dr Craig J Tice, pengawas sekolah Fayetteville-Manlius, mengeluarkan pedoman, bahwa sekolah melarang barang-barang atau mainan yang berbentuk senjata, seperti pedang atau senjata api. Selain itu, kostum juga tidak boleh terlalu berdarah atau menakutkan.

"Karena kekhawatiran potensi tindak kekerasan dari permainan yang terjadi, tidak pantas untuk memainkannya saat istirahat. Kostum Halloween dari film tersebut tidak memenuhi pedoman sekolah kami, karena potensi pesan kekerasan," tulis Tice.

Kepala sekolah ingin memastikan, agar para keluarga sadar betul, bahwa hal ini tidak pantas bagi siswa untuk mengenakan kostum Halloween dari film tersebut. Mengingat, serial Netflix tersebut lebih ditujukan untuk para penonton dewasa.

Menurut penelitian, bahwa kostum Squid Game sudah menjadi salah satu yang paling banyak diposting di Instagram pada tahun ini. Bahkan produsen sepatu ternama, yakni Vans, mengalami lonjakan pendapatan, setelah membuat slip-on putih yang mirip seperti pemain di dalam film.

Tidak mengherankan hal ini terjadi, mengingat kepopuleran Squid Game sungguh besar. Bahkan mereka masuk 2 nominasi di Gotham Independent Film Awards 2021.

Serial original Netflix tersebut berkontribusi dalam kategori Breakthrough Series - Long Format (lebih dari 40 menit). Lalu kategori aktor, dengan membawa Lee Jung Jae, bersaing dengan para aktor lain di Outstanding Performance in a New Series.



Simak Video "Fantastis! 'Squid Game' Sumbang Cuan Rp 12,5 T untuk Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/asj)