Pro Kontra Netizen 'Dolanan Game' yang Disebut Plagiat Squid Game

Pro Kontra Netizen 'Dolanan Game' yang Disebut Plagiat Squid Game

tim detikcom - detikInet
Selasa, 26 Okt 2021 13:45 WIB
https://twitter.com/NetflixID/status/1451534709377224706
Pro Kontra Netizen 'Dolanan Game' yang Disebut Plagiat Squid Game. Foto: Dok Netflix/SCTV
Jakarta -

Series DJS (Dari Jendela SMP) disebut plagiat Squid Game dan netizen terbagi pro dan kontra. Ada yang setuju bahwa episode yang tayang 22 Oktober 2021 adalah plagiat, ada yang membela.

Netizen menyuarakan pendapatnya di berbagai platform seperti Instagram dan Twitter. Sebagian merasa kesal karena masih ada yang menyangkal kemiripan antara 'Dolanan Game' dan 'Squid Game'.

"Ngebela karya bangsa boleh, tapi liat dulu kondisinya. Udah jelas-jelas, bahkan kentara banget kalo djs itu plagiat sg," tulis @beara**ts.

"Mending stop aja sinetronnya kalau ga ada ide. Emang dari awal udah ga jelas alur nya, wulan hamil terus sekarang? Dolanan game? Djs dari sebuah novel, emang dalam novel itu ada chapter dolanan game? Mikir dong min, ini udah masuk termasuk plagiat," ujar @30**jt.

"BEDA YA BEDA PERMAINAN TREDISYENEL KOREYA SM ENDONESAH. KONSEPNYA PERSIS SAMA. SO MENURUT LO????" @an**lieble memberikan suaranya.

"Ya emang ceritanya ngangkat permainan tradisional. Tapi momentnya bareng sama ramenya series squid game. Kalo netijen langsung bilang djs episode 'dolanan game' plagiat squid game emang salah?," tulis salah satu orang.

Namun ada juga yang membela bahwa DJS tidak plagiat Squid Game. Mereka beranggapan ada sejumlah hal yang berbeda dari adegan permainan tradisional seperti Dolanan yang tidak ada di Squid Game.

"DJS cuma mau bikin seru-seruan doang, ngapa pada heboh dah. Namanya juga sinetron yang nonton orang Indo doang nggak sampe ke luar negeri kan," pendapat seseorang.

"Padahal beda jauh gamenya cuma beda dikit," bela yang lain.

Yang menarik, pihak Netflix bahkan sempat memberikan meme Gi-Hun (pemain 456) yang tersenyum ketika membalas tweet yang membahas mengenai kemiripan yang ada antara keduanya. Sontak saja, DJS makin viral dan ramai dibicarakan netizen.



Simak Video "Hati-hati! Ada 'Squid Game' Palsu Berkedok Penipuan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)