Mark Zuckerberg Makin Terasingkan di Facebook

Mark Zuckerberg Makin Terasingkan di Facebook

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 27 Okt 2021 10:20 WIB
Facebooks CEO Mark Zuckerberg answers questions about the improper use of millions of users data by a political consultancy, at the European Parliament in Brussels, Belgium, in this still image taken from Reuters TV May 22, 2018. REUTERS/ReutersTV
Mark Zuckerberg Makin Terasingkan di Facebook Foto: Reuters
Jakarta -

Facebook saat ini sedang menghadapi krisis setelah diterbitkannya Facebook Papers. CEO Facebook Mark Zuckerberg pun kabarnya jadi semakin terasingkan di perusahaannya sendiri.

Facebook Papers adalah dokumen internal yang dibocorkan oleh mantan karyawan Facebook dan whistleblower Frances Haugen. Isi dokumen tersebut ditinjau dan diberitakan oleh 17 media Amerika Serikat, termasuk The Washington Post.

Dokumen itu berisi sederet informasi yang menyudutkan Facebook. Salah satunya tudingan bahwa Facebook membiarkan misinformasi dan konten berbahaya menyebar demi mengedepankan keuntungan.

Dalam tulisannya tentang Facebook Papers, The Washington Post juga mewawancarai mantan karyawan untuk mengetahui kondisi dan kepemimpinan Zuckerberg saat ini. Mantan karyawan itu mengatakan kini Zuckerberg jadi makin menyendiri.

Zuckerberg rupanya hanya membicarakan kebijakan perusahaan dengan segelintir orang di lingkaran dalamnya yang disebut 'Small Team' dan kelompok lebih besar bernama 'M-Team' atau 'Mark's Team' yang berisi petinggi perusahaan. Facebook membantah laporan yang mengatakan Zuckerberg makin terasingkan.

Laporan The Washington Post juga mengungkap gaya kepemimpinan Zuckerberg berdasarkan informasi dari mantan karyawan Facebook dan data dari Facebook Papers. Mereka menemukan bahwa Facebook mengontrol informasi tentang Zuckerberg dengan ketat, sekaligus mengontrol informasi yang sampai padanya.

Kepada The Washington Post, mantan karyawan itu mengatakan pengaruh Zuckerberg di Facebook ternyata lebih besar daripada yang diketahui secara publik.

"Roh Zuckerberg menghantui semua hal yang dilakukan perusahaan. Itu sepenuhnya didorong oleh dia," kata mantan Vice President of Partnership and Marketing Facebook Brian Boland, seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (27/10/2021).

Zuckerberg juga secara pribadi terlibat dalam pengambilan keputusan perusahaan. Contohnya, Zuckerberg secara pribadi memutuskan bahwa Facebook harus tunduk pada perintah pemerintah Vietnam untuk menyensor kritik dari pembangkang, kata tiga orang yang familiar dengan keputusan tersebut.

Tidak hanya keputusan tingkat tinggi, Zuckerberg juga terlibat dalam hal-hal yang terbilang cukup remeh. Dua sumber The Washington Post mengatakan Zuckerberg secara langsung merancang skema warna dan layout bingkai 'I got vaccinated' yang bisa dipakai pengguna untuk foto profilnya.



Simak Video "Facebook Resmi Ganti Nama Jadi Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)