Anak 11 Tahun Tewas Akibat Ponsel Meledak Saat Belajar Online

Anak 11 Tahun Tewas Akibat Ponsel Meledak Saat Belajar Online

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 19 Okt 2021 12:05 WIB
Group of smartphones charging on the glass table with sharing the same AC plug
Ilustrasi charger ponsel (Foto: iStock)
Jakarta -

Dear orangtua sekalian, jangan lupa cek HP yang dipakai anak untuk belajar online. Ada kejadian anak tewas akibat ponselnya meledak.

Tragedi ini terjadi di Vietnam seperti dilihat detikINET dari VN Express, Selasa (19/10/2021). Ada anak 11 tahun di Provinsi Nghe An meninggal akibat luka bakar karena HP yang dia pakai meledak saat belajar online pada Kamis (14/10) sore pukul 16.00 waktu setempat.

Departemen Pendidikan Distrik Nam Dan mengatakan kejadian itu bermula ketika si anak sedang belajar online. Kondisinya adalah, HP tersebut sambil di-charge dan si anak memakai earphone.

Akibat ledakan ponsel itu, si anak mengalami luka bakar. Dia pun segera dilarikan ke rumah sakit oleh keluarga dan tetangganya. Namun sayang nyawanya tidak tertolong. Anak tersebut meninggal pada malam harinya.

Korban adalah siswa kelas 5 SD Nam Anh. Di daerah Nam Dan, sekolah sudah mulai pertemuan tatap muka terbatas. Namun untuk mencegah kasus COVID-19, ada pembelajaran online 1 hari dalam seminggu.

Terkait kasus tersebut, ada baiknya orangtua waspada. Karena, kejadian serupa pernah terjadi sebelumnya di India termasuk di Indonesia.

Ada beragam penyebab mengapa sebuah ponsel bisa meledak, mulai dari korsleting karena kesalahan saat mengisi daya baterai, baterai ponsel terlalu panas, perangkat charger bajakan, hingga dipakai terus-terusan meski sedang di-charge.

Untuk mencegahnya ada beberapa cara menurut pakar gadget Lucky Sebastian. Pertama, selalu gunakan charger asli bawaan resmi dari perangkat yang kita gunakan. Kedua, jangan menggunakan baterai sampai benar-benar habis dan perangkat mati.

Ketiga, jangan meletakkan HP di tempat panas atau terjemur matahari. Keempat, jangan mencolok HP dengan charger lebih dari 16 jam. Semoga kejadian di Vietnam ini tidak sampai terjadi di Tanah Air ya, detikers!



Simak Video "Inisiatif Kominfo Bantu Masyarakat Dampingi Anak Belajar Secara Daring"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)