Cara Jadi Data Analyst dan Besaran Gajinya

Cara Jadi Data Analyst dan Besaran Gajinya

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 17 Sep 2021 15:12 WIB
Young startup businessmen teamwork brainstorming meeting to discuss the new project investment.
Cara Jadi Data Analyst dan Besaran Gajinya (Foto: Getty Images/iStockphoto/ijeab)
Jakarta -

Data analyst menjadi salah satu talent yang paling dicari alias menjadi pekerjaan paling didambakan di dunia. Buat kalian yang tertarik bagaimana menjadi data analyst dan penasaran berapa besar gajinya, cek informasi berikut ini.

Kementerian Komunikasi Indonesia telah menunjukkan bahwa dalam setahun ada lebih dari 600 ribu kekurangan talent dalam keterampilan digital dan teknis.

Berdasarkan wawancara dengan seorang data leader di salah satu unicorn di Asia Tenggara, talent gap terlihat jelas karena unicorn di Asia Tenggara saling membajak karena keterbatasan sumber talent.

Startup dengan modal lebih seperti Gojek bahkan mendapat dukungan IT dari India, seperti Bangalore. Dengan kekurangan talenta ini, ada permintaan dan peluang kerja yang sangat besar untuk para talenta digital, dan salah satu permintaan yang tinggi adalah untuk ahli data.

Kalau kalian suka bekerja dengan angka, semangat memecahkan masalah baru, senang mempelajari hal-hal baru setiap hari, dan suka berkomunikasi berdasarkan data, menjadi data analyst mungkin tepat sebagai pilihan karir kalian.

Untuk menjadi seorang data analyst, tentu saja dimulai dengan mempelajari skill yang dibutuhkan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya, seperti dikutip dari data yang dirangkum oleh startup pendidikan RevoU.

  • Pelajari dasar-dasar SQL dan pemrograman dalam R atau Python

Ada banyak referensi untuk belajar data analytics, seperti Datacamp, Dataquest, dan kursus pembelajaran online lainnya seperti di Coursera atau Ude.

  • Mulai bangun proyek dan gabung dengan komunitas data

Kalian bisa menggunakan Repl.it atau Kaggle, menggunakan kumpulan data gratis mereka dan mengubahnya menjadi beberapa passion project yang bisa dipamerkan ke publik.

Kalian juga bisa bergabung dengan komunitas di bidang ini, seperti Data Science Indonesia, bertemu dengan sesama calon data analyst atau data scientist untuk ngobrol. Kadang, mereka juga punya proyek yang bisa juga kalian ikuti.

  • Baca dan ikuti blog atau artikel data analytics

Data analytics adalah sesuatu yang sangat adaptif dan cepat berubah. Karenanya, selalu mengikuti apa yang terjadi di industri ini sangat penting.

Kalian perlu membaca dan mengikuti blog atau artikel terkait data analytic. Ada banyak blog tentang data analytics seperti CIO atau Analytics Insight yang bisa kalian Googling, atau bisa mengikuti beberapa publikasi di Medium, seperti Analytics Vidhya dan Towards Data Science.

  • Bergabung dengan data analytics bootcamp

Hal tersulit tentang mempelajari keterampilan teknis baru secara mandiri adalah tidak ada yang memberitahu apakah yang kita kerjakaan benar atau salah. Padahal, sangat penting ada orang yang bisa membimbing dan diajak bertukar pikiran. Supaya makin mantap dan tidak salah arah, kalian bisa mengikuti bootcamp khusus data analytics, salah satunya seperti Program Analisis Data yang diadakan RevoU.

Program ini bertujuan membantu siswa mempercepat karir mereka di bidang teknologi. RevoU tak hanya mengajarkan keterampilan yang dibutuhkan data analyst dalam waktu 12 minggu, tetapi juga menawarkan live learning bersama mentor dari unicorn seperti Traveloka, Gojek, dan Kitabisa. Kalian juga berpeluang besar melatih keterampilan selama beberapa minggu dengan mengikuti program apprenticeship dan dipekerjakan oleh perusahaan teknologi top hanya dalam 3 bulan.

Selanjutnya: Besaran gaji data analyst untuk setiap level