Viral Bill Gates Mendadak Larang Vaksin Corona, Padahal Hoax

Viral Bill Gates Mendadak Larang Vaksin Corona, Padahal Hoax

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 14 Sep 2021 12:16 WIB
Bill Gates
Viral Bill Gates Mendadak Larang Vaksin Corona, Padahal Hoax (Foto: YouTube)
Jakarta -

Beredar kabar di media sosial bahwa Bill Gates berbalik sikap dengan tidak menganjurkan vaksin Corona karena berbahaya. Benarkah kabar mengejutkan ini sesuai dengan fakta?

Kabar itu terutama terpantau ramai di media sosial Thailand. Disebutkan bahwa secara mengejutkan, Bill Gates yang selama ini mengkampanyekan vaksin untuk menanggulangi pandemi Corona meminta agar vaksin Corona ditarik semuanya dari pasaran.

"Kami membuat kesalahan mengerikan. Kami ingin melindungi orang dari virus berbahaya ini. Namun kemudian virusnya ternyata lebih rendah bahayanya dari yang kami pikirkan. Dan vaksinnya jauh lebih berbahaya dari yang dibayangkan orang," demikian tertera di kabar itu yang diklaim sebagai ucapan sang pendiri Microsoft.

Beberapa komentar mengindikasikan cukup banyak netizen yang percaya pada kabar ini. "Untung saja aku belum divaksin." "Aku tidak ingin divaksin karena aku mengetahui hal ini." tulis sebagian dari mereka.

Hoax Bill GatesHoax Bill Gates larang vaksin Corona. Foto: Facebook

Padahal jelas bahwa informasi tersebut merupakan HOAX, apalagi mengingat fakta vaksin Corona benar-benar merupakan senjata utama dalam melawan pandemi. Juru bicara yayasan Bill and Melinda Foundation menyatakan sama sekali tidak benar Bill Gates pernah berbicara seperti itu.

"Klaim tersebut adalah salah," sebutnya. Penelusuran dari AFP kemudian mendapatkan asal muasal artikel hoax ini, yaitu dari situs satir Expose UK. Mereka sudah meminta maaf.

"Ketika pertama kali kami mempublikasikan artikel ini, kami seharusnya menjelaskan di awal bahwa ini satir, bukan di akhir. Kami tidak melakukannya dan kami minta maaf," tulis mereka.

Bill Gates sebagai sosok terkenal dan berpengaruh memang sudah berulangkali menjadi sasaran teori konspirasi liar terkait pandemi Corona, namun semuanya tidak ada buktinya melainkan hanya kabar palsu alias hoax.



Simak Video "Beredar Kabar Bill Gates Selingkuh dengan Staf Microsoft"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)