Ketar-ketir Celah PeduliLindungi yang Bikin Khawatir - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Ketar-ketir Celah PeduliLindungi yang Bikin Khawatir

Tim - detikInet
Minggu, 12 Sep 2021 16:11 WIB
Cara Membuat Akun PeduliLindungi Mudah dan Cepat, Cek di Sini!
Ketar-ketir celah keamanan di PeduliLindungi (Foto: Adi Fida Rahman/detikcom)

3. Minta Segera Diperbaiki

Forum Tata Kelola Internet Indonesia (Indonesia Internet Governance Forum/ID-IGF) meminta Menkominfo Johnny G Plate dan pihak terkait lainnya, memperbaiki aplikasi PeduliLindungi.

"Sehubungan dengan banyaknya keluhan pengguna aplikasi PeduliLindungi yang disampaikan melalui berbagai forum formal maupun informal, para pemangku kepentingan majemuk ID-IGF mendiskusikan dan menganalisa kinerja PeduliLindungi sejak Juli hingga September 2021 melalui WhatsApp Group ID-IGF dan pertemuan daring via Zoom," kata Koordinator MAG ID-IGF Mariam F Barata lewat keterangan tertulis yang diterima detikINET, Kamis (9/9).

4. Respons dari Pemerintah

Menerima laporan tersebut, Kominfo sangat mengapresiasi. Menkominfo mengatakan pihaknya sudah melakukan diskusi dengan pihak-pihak penting yang bisa meningkatkan keamanan aplikasi tersebut.

"Rekomendasi tersebut saat ini sedang kami pelajari dan didiskusikan bersama PT Telkom, Badan Siber dan Sandi Negara, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan," ujar Johnny kepada detikINET, Jumat (10/9).

Saat ini PeduliLindungi sudah dimanfaatkan secara masif dan jadi andalan pemerintah yang fungsinya melakukan pelacakan penyebaran virus Corona (COVID-19). Selain itu juga, aplikasi PeduliLindungi digunakan untuk dokumen perjalanan, masuk ke mal, supermarket, hingga download sertifikat vaksin COVID-19.

(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT