5 Trend Viral di Indonesia Sebelum Ikoy Ikoy-an

5 Trend Viral di Indonesia Sebelum Ikoy Ikoy-an

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 04 Agu 2021 17:10 WIB
Tren di Instagram ikoy-ikoy ala Arief Muhammad.
Trend yang pernah viral selain Ikoy Ikoy-an. Foto: Dok. Instagram @ariefmuhammad..
Jakarta -

Ikoy Ikoy-an yang viral karena content creator Arief Muhammad mengingatkan kita pada trend-trend sebelumnya di media sosial. Ternyata ada banyak hal viral loh sebelum Ikoy Ikoy-an.

Ikoy Ikoy-an adalah nama yang dipakai oleh pengikut Arief Muhammad di Instagram untuk giveaway. Arti nama Ikoy kalau dicari di KBBI ya tidak ada, tapi ini ada asal usulnya.

Jadi, Ikoy Ikoy-an diambil dari nama asisten pemilik akun @poconggg yang pernah terkenal di Twitter itu. Nah, selain Ikoy Ikoy-an, detikINET merangkum sejumlah trend yang pernah viral.

1. #WomenSupportingWomen

Siapa lagi yang akan menolong sesama perempuan kalau bukan kita juga, para perempuan. Hashtag #WomenSupportingWomen dan #WomenEmpowerment sempat viral di platform media sosial khususnya Instagram.

Biasanya, mereka menuliskan caption bernada positif sembari menautkan username teman terdekat mereka untuk ikut berpartisipasi.

[Gambas:Instagram]


2. 10 Years Challenge

Tren '10 Years Challenge' mengajak orang untuk mengunggah foto glow up atau perubahan yang terjadi pada dirinya selama 10 tahun. Jadi, yang ikutan challenge ini harus mengunggah fotonya yang sekarang dan digabung dengan foto lawasnya -- tepatnya 10 tahun lalu -- dan ini diikuti oleh banyak orang termasuk para seleb.

3. Black Lives Matter

Sama halnya dengan #WomenSupportingWomen, #BlackLivesMatter juga ramai digaungkan di Instagram. Semenjak kematian dari George Floyd karena diinjak oleh seorang oknum polisi, solidaritas masyarakat muncul. Bukan hanya di dunia maya, protes juga dilakukan secara langsung dengan turun ke lapangan.

4. Baca, Rekam, Posting

Tren ini digagas oleh Aldi Taher, artis yang menuai banyak kontroversi. Tujuannya baik, Aldi mengajak para muslim untuk membaca Al Quran, kemudian direkam dan diunggah dengan tag #BISMILLAH_BACA _ALQURAN _rekam_POSTING.

Akan tetapi, banyak pro kontra. Ada yang merasa kegiatan beribadah adalah hal yang bersifat personal sehingga tidak harus dibagikan. Namun ada juga yang membela karena merasa kampanye ini cukup baik mengingatkan orang untuk membaca Al Quran.

5. Until Tomorrow Challenge

Untul Tomorrow Challenge mengharuskan orang yang di-tag untuk mengunggah foto paling memalukan atau alay hingga besok pagi atau 24 jam. Sebenarnya tidak harus ikutan challenge ini juga sih kalau tidak mau, tapi ya buat seru-seruan saja.

Jadi,trend apalagi nih detikers yang pernah viral dan sangat kamu ingat?



Simak Video "Ikoy-ikoy Bikin Sejumlah Seleb Terganggu, Arief Muhammad Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)