Unicode Ungkap Emoji Baru, dari Pria Hamil hingga Jabat Tangan Multiras

Unicode Ungkap Emoji Baru, dari Pria Hamil hingga Jabat Tangan Multiras

Josina - detikInet
Sabtu, 17 Jul 2021 19:00 WIB
emoji pria hamil
Foto: Emojipedia
Jakarta -

Bertepatan Hari Emoji Sedunia, Emojipedia memperkenalkan deretan emoji baru yang akan diluncurkan pada bulan September tahun ini. Beberapa diantaranya ada emoji yang menampilkan 'Pregnant Man' atau pria hamil hinggaijabat tangan dengan warna kulit yang berbeda.

Daftar draf emoji terbaru yang dirilis oleh Unicode Consortium, sebuah perusahaan nirlaba ini mempromosikan standar dari Unicode yang tujuannya untuk menunjukkan lebih banyak keragaman dalam gender manusia.

Dikatakan Emojipedia dimasukkannya emoji Pregnant Man ini untuk mengakui bahwa kehamilan mungkin terjadi pada beberapa pria transgender dan orang non-biner sebagaimana dilansir detiKINET dari News.Au

Penambahan pria hamil juga menandai upaya lain untuk meningkatkan keragaman emoji. Dan pastinya kehadiran emoji 'pria hamil' disambut oleh sejumlah komentar kontroversial dari tokoh terkenal

"Saya tidak tahu siapa yang perlu mendengar ini, tetapi pria tidak bisa hamil," cuit Abigail Marone, Abigail Marone, sekretaris pers Senator Republik Josh Hawley.

"Apple baru saja memperkenalkan emoji "pria hamil". Newsflash @Apple, hanya wanita yang bisa hamil!" tulis Mo Brooks, kandidat senator Alabama dari partai Republik.

Namun ada pula yang mendukung adanya emoji 'pria hamil'. Mengingat Freddy McConnell, salah satu dari sedikit pria transgender di Inggris, melahirkan anak pada 2019. Dia sempat memperingatkan bahwa ada informasi yang salah soal kemampuan pria transgender untuk melahirkan.

"Saya sama sekali tidak terkejut bahwa emoji pria hamil adalah finalis. Kenapa tidak? Tahun depan seorang pria hamil yang menyukai pajak rendah dan kebebasan akan menjadi kekasih baru gerakan konservatif." cuit Jhon Miller.

Selain itu hadirnya emoji jabat tangan menjadi pengingat akan kasus pembunuhan yang dialami orang hitam George Flyod hingga terjadinya kericuhan di AS. Hal ini pun meningkatkan kesadaran dan protes secara global untuk menuntut keseteraan ras.

Emoji baru tambahan lainnya termasuk tangan yang membuat bentuk hati dan seseorang menggigit bibir, ditambah wajah yang meleleh, memberi hormat, menahan air mata, dan mengintip di antara jari-jari mereka.



Simak Video "Siap-siap! Apple Akan Rilis Emoji Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)