Ikon Paper Clip Legendaris Microsoft Dihidupkan Lagi Jadi Emoji

Ikon Paper Clip Legendaris Microsoft Dihidupkan Lagi Jadi Emoji

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 16 Jul 2021 19:48 WIB
Emoji baru Microsoft
Microsoft Hidupkan Kembali Clippy Sebagai Emoji Foto: dok. Microsoft
Jakarta -

Pengguna setia Microsoft Office pasti sudah familiar dengan si asisten Clippy yang berbentuk paper clip. Setelah dimatikan di Office 2007, Microsoft menghidupkan kembali Clippy tapi kali ini dalam bentuk emoji.

Awal mula kembalinya Clippy dimulai saat Microsoft mengadakan kampanye di Twitter dan Instagram. Dalam cuitan di Twitter, Microsoft mengatakan akan menggantikan emoji penjepit kertas di Microsoft 365 dengan Clippy jika cuitannya mendapat 20.000 likes.

Kampanye itu berhasil dan kini cuitan itu sudah mendapat lebih dari 162 ribu likes. Clippy kemudian akan menggantikan emoji penjepit kertas di Windows, Office, Microsoft Teams, dan produk Microsoft 365 lainnya.

Kembalinya Clippy merupakan bagian dari update emoji besar-besaran yang dilakukan Microsoft. Nantinya lebih dari 1.800 emoji di Microsoft 365 akan mengusung desain 3D sesuai dengan sistem Fluent Design.

"Saya tumbuh besar menggunakan Clippy, dan itu tampak seperti easter egg yang menyenangkan," kata ahli emoji resmi Microsoft Claire Anderson, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (16/7/2021).

"Kami semua membayangkan rasa gembira saat memasukkan penjepit kertas itu di produk Microsoft dan tiba-tiba, Anda merasa nostalgia," sambungnya.

Emoji baru yang dirancang oleh Microsoft memang terlihat jauh berbeda dibandingkan dengan emoji yang ada saat ini di Windows 10. Desain 3D dan warna yag lebih cerah membuat emoji ini terlihat lebih ceria dan menggemaskan.

Emoji baru MicrosoftEmoji baru Microsoft Foto: dok. Microsoft

Tidak hanya dirombak menjadi emoji 3D, Microsoft juga akan menampilkan sekitar 900 emoji dalam bentuk animasi di beberapa produk tertentu, seperti di Microsoft Teams.

Ini bukan pertama kalinya Microsoft mencoba mengembalikan Clippy ke produknya. Pada tahun 2019, beberapa karyawan Microsoft Teams merilis stiker yang berisi GIF Clippy, tapi Microsoft langsung menghapus stiker tersebut beberapa hari kemudian.

Ribuan emoji baru ini akan mulai hadir di semua produk Microsoft 365 dalam beberapa bulan ke depan. Flipgrid akan menjadi layanan pertama yang mengakses emoji ini pada bulan depan, diikuti dengan Microsoft Teams dan Windows pada musim liburan akhir tahun. Yammer, Outlook dan aplikasi Office lainnya akan melihat emoji baru ini setelahnya.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)