Ups! Twitter Tidak Sengaja Verifikasi Akun Bot

Ups! Twitter Tidak Sengaja Verifikasi Akun Bot

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 14 Jul 2021 18:10 WIB
ilustrasi twitter
Ups! Twitter Tidak Sengaja Verifikasi Akun Bot Foto: 9to5mac
Jakarta -

Twitter mengaku tidak sengaja memverifikasi sejumlah kecil akun palsu atau bot. Kini akun-akun tersebut telah dihapus dan centang birunya telah ditarik karena telah melanggar aturan.

Kesalahan verifikasi ini terungkap setelah ahli data Conspirador Norteño menemukan enam akun dengan centang biru yang dibuat pada 16 Juni. Akun-akun ini tidak pernah mengirimkan cuitan sebelumnya dan dua di antaranya menggunakan foto profil curian.

"Kami secara keliru menyetujui pendaftaran verifikasi dari sejumlah akun tidak otentik (palsu)," kata Twitter dalam pernyataan resminya, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (14/7/2021).

"Kami sekarang telah menangguhkan akun yang dimaksud secara permanen, dan mencabut lencana verifikasi, menurut kebijakan manipulasi platform dan spam kami," sambungnya.

Belum lama ini Twitter memang membuka kembali program verifikasi akun setelah lama absen. Program baru ini juga memasang kriteria baru yaitu akun harus aktif, otentik dan penting untuk bisa mendapatkan centang biru.

Akun-akun bot yang diverifikasi tentu sudah tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, dan di sisi lain banyak pengguna yang tidak bisa mendapatkan centang biru meski sudah memenuhi kriteria. Insiden ini menandakan proses verifikasi Twitter masih bermasalah.

Dalam cuitan di Twitter, Norteño menjelaskan enam akun bot yang ia temukan memiliki 976 followers dan mengikuti 190 akun yang sama. Semua akun ini dibuat antara 19 dan 20 Juni, dan sebagian besar menggunakan foto profil yang dibuat oleh AI.


Secara total, Norteño mengatakan ratusan akun ini merupakan bagian dari jaringan bot yang beranggotakan setidaknya 1.212 akun. Tidak diketahui dari mana jaringan ini berasal, tapi beberapa akun di antaranya mengirimkan spam dalam bahasa Korea.

Saat ini, Twitter sudah menangguhkan lima dari enam akun bot yang diverifikasi, dan akun keenam tampaknya sudah menghapus profilnya sendiri. Sebagian besar jaringan bot di belakangnya juga sudah dihapus.



Simak Video "Cara Bikin Akun Twitter Dapat Tanda Verified "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)