Viral Bill Gates dan Istrinya Sudah Meninggal Tahun 2013

Viral Bill Gates dan Istrinya Sudah Meninggal Tahun 2013

Tim - detikInet
Jumat, 02 Jul 2021 09:20 WIB
Bill and Melinda Gates cerai
Bill Gates dan Melinda. Foto: AP/Elaine Thompson
Jakarta -

Teori konspirasi liar kembali melanda Bill Gates, kali ini bersama sang istri Melinda, yang sedang dalam proses perceraian. Viral di media sosial bahwa Bill Gates dan Melinda sebenarnya sudah meninggal pada tahun 2013. Apa benar demikian?

Seperti dikutip detikINET dari Reuters, kabar itu pertama kali dibagikan di blog pada Juni 2020, namun belakangan muncul kembali di Instagram. Pada intinya, sang pendiri Microsoft dan Melinda meninggal di tahun 2013 karena kecelakaan mobil dan yang eksis saat ini adalah kloningannya.

Disuguhkan pula dokumen yang disebut sebagai bukti, berasal dari situs Ancestry yang biasanya mengupas garis keturunan, di mana keduanya disebut meninggal di Juli 2013. Dokumen dalam bentuk PDF itu berisi riwayat hidup singkat keduanya sampai meninggal.

Juru bicara Ancestry menyebutkan bahwa websitenya memungkinkan orang membuat pohon keluarga untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang terkenal baik di masa silam maupun sekarang. Ia menyatakan pengguna didorong untuk menuliskan hal yang benar, namun user bebas membuat pohon keluarga sendiri dan Ancestry tidak menghalangi publikasi apapun.

Bill GatesKabar tidak benar Bill Gates dan Melinda meninggal. Foto: Truthbits

Pemeriksa fakta Reuters pun menyimpulkan tidak ada bukti bahwa Bill Gates dan Melinda telah lama tiada. "Lebih penting lagi, ada bukti yang melimpah bahwa baik Bill dan Melinda Gates hidup," sebut Reuters.

Pada September 2013, dua bulan setelah keduanya diviralkan meninggal, Reuters menjepret keduanya menerima penghargaan di New York dan bertemu dengan mantan Sekjen PBB, Ban Ki Moon.

"Kedua individu kemudian sering difoto di event, termasuk di 2019 New Economy Forum di China, 2018 World Bank Annual Meeting di Indonesia, upacara tahun 2016 di Gedung Putih untuk menerima medali Medal Freedom dan di konferensi PBB pada tahun 2015 di New York," sebut Reuters.

"Kesimpulannya, kabar ini salah. Tidak ada bukti bahwa Bill Gates dan Melinda telah meninggal pada tahun 2013," sebut Reuters.



Simak Video "Terkuak! Melinda Ingin Ceraikan Bill Gates Sejak 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)