Cara Igor Saykoji Atur Screen Time Anak Agar Lebih Bermanfaat

Cara Igor Saykoji Atur Screen Time Anak Agar Lebih Bermanfaat

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 30 Jun 2021 22:10 WIB
Saykoji
Cara Igor Saykoji Atur Screen Time Anak Agar Lebih Bermanfaat (Foto: Instagram)
Jakarta -

Pandemi mengharuskan anak-anak untuk belajar dari rumah dan lebih sering berhadapan dengan layar gadget atau komputer. Akibatnya screen time anak jadi naik setiap harinya.

Rapper Ignatius Rosoinaya Penyami, atau yang lebih dikenal sebagai Igor Saykoji, punya cara sendiri untuk mengatur screen time ketiga anaknya selama pandemi agar lebih bermanfaat.

"Sudah nggak bisa dipungkiri anak sekarang itu sudah pasti akan lebih banyak screen time-nya karena sudah nggak ada distraksi yang lain, semua bentuk hiburan ada di situ," kata Igor dalam media briefing virtual Google, Rabu (30/6/2021).

"Untungnya saya juga orangnya suka main game, suka nonton. Jadi yang saya berusaha maksimalkan adalah screen time-nya ini bareng-bareng, either kita nonton streaming show, atau main game bareng sama anak," sambungnya.

Igor mengatakan dengan menghabiskan screen time bersama anak bukan hanya untuk hiburan tapi juga membantunya semakin mengenali hobi dan kebiasaan anak-anaknya.

Igor juga mendorong anak-anaknya untuk menggunakan internet sebagai tempat untuk mencari pengetahuan dan hobi yang positif. Misalnya, ia mengajak putrinya yang suka menggambar untuk mencari tutorial yang menarik di YouTube.

"Kita tunjukkan ini ada fungsinya lho. YouTube itu isinya bukan cuma liatin YouTuber yang kamu suka ngeprank, tapi bisa dipakai untuk melengkapi. Just search something that you like, eventually pasti ada di situ," jelasnya.

Sebelum ketiga anaknya memiliki gadget sendiri, Igor juga memiliki cara yang unik untuk mengajarkan anaknya kebiasaan berinternet yang baik, yaitu dengan menaruh satu komputer di ruang keluarga untuk digunakan bersama-sama.

Dengan ini, semua orang di keluarganya bisa memantau kegiatan anak-anaknya saat berinternet, mulai dari hal yang dicari di Google sampai game yang mereka mainkan.

"Kadang mereka main game online saking serunya kita ingin tahu cara mereka ngomong, cara mereka berkomunikasi dengan gamer lain juga penting karena itu jadi concern orang tua," pungkasnya.



Simak Video "Saykoji Bersyukur Anaknya Tak Keranjingan Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)