Pekerja di Perusahaan Besar Berani Jadi Founder, Terbanyak dari Facebook

Pekerja di Perusahaan Besar Berani Jadi Founder, Terbanyak dari Facebook

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 10 Jun 2021 09:15 WIB
Young startup businessmen teamwork brainstorming meeting to discuss the new project investment.
Ilustrasi founder startup. Foto: Getty Images/iStockphoto/ijeab
Jakarta -

Setelah bekerja di perusahaan sukses, banyak pekerja yang terinspirasi untuk membangun startup mereka masing-masing. Paling banyak alumni dari Facebook, Garena, Gojek, Google dan Grab.

Hal ini disampaikan oleh Nicko Widjaja CEO BRI Ventures dalam acara 'Konferensi Pers Virtual Peluncuran Grab Ventures Velocity Batch 4 X Sembrani Wira Project', Rabu (9/6/2021). Menurutnya, fakta inilah yang mendorong Sembrani Wira untuk berkerja sama dengan Grab Ventures Velocity Batch 4.

"Salah satu alasan kami, akan terjadi ledakan startup dimulai dari krisis pandemi 2020 kemarin. Kita perhatikan secara pola, krisis selalu mendatangkan perusahaan yang lebih tangguh," kata Nicko.

"Tahun 2010, cycle pertama 2011, ketika e-commerce berjamur dan ada vendor dari luar yang masuk Indonesia untuk mendanai startup kita. Nah, kita lihat banyak founder dari unicorn termasuk grab juga yang menjadi founder baru, ini tanda yang baik untuk memulai ekosistem baik selama 10 tahun ke depan," sambungnya.

Ia pun mengutip data dari Asia Partners dan LinkedIn yang memberikan data mengenai 'second generation founders'. Di sini dijabarkan angka pendiri yang datang dari mantan pekerja c-level atau mantan VP Unicorn dan perusahaan besar.

"Menurut Asia Partners dan LinkedIn, ada banyak perusahaan besar termasuk di dalam Grab yang menghasilkan founders," tutur Nicko.

Dari data, alumni Facebook yang mencapai 6.548 berhasil melahirkan founder perusahaan menyentuh angka 261. Menyusul Garena dengan 4.862 alumni dan 114 startup yang dihasilkan. Alumni Gojek 3.625 menciptakan 246 startup baru, alumni Google 3.281 dengan 61 startup baru, dan alumni Grab yang berjumlah sebanyak 3.227 mencetak 135 startup baru.

Data dari Asia Partners dan LinkedIn mengenai 'second generation founders'. Setelah bekerja di perusahaan sukses, banyak pekerja yang terinspirasi untuk membangun startup mereka masing-masing. Paling banyak alumni dari Facebook.Data dari Asia Partners dan LinkedIn mengenai 'second generation founders'. Setelah bekerja di perusahaan sukses, banyak pekerja yang terinspirasi untuk membangun startup mereka masing-masing. Paling banyak alumni dari Facebook. Foto: via Grab


Simak Video "Jerman Lirik Indonesia untuk Kerja Sama Bangun Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)