Dominasi Startup Indonesia di Final Grab Ventures Velocity Tahap 3

Dominasi Startup Indonesia di Final Grab Ventures Velocity Tahap 3

Angga Laraspati - detikInet
Jumat, 15 Mei 2020 16:37 WIB
Grab Ventures Velocity
Dominasi Startup Indonesia di Final Grab Ventures Velocity Tahap 3 (Foto: Dok. Grab Indonesia)
Jakarta -

Grab hari ini mengumumkan startup yang menjadi finalis pada program Grab Ventures Velocity (GVV) tahap 3. Dari 5 startup finalis yang diumumkan oleh Grab, 4 di antaranya berasal dari Indonesia dan satu berasal dari Singapura.

Adapun 4 startup asal Indonesia yang berhasil menjadi finalis adalah Luna POS, KliknClean, Printerous dan GetCraft sedangkan Workmate menjadi salah satunya startup yang berasal dari luar Indonesia (Singapura). Kelima startup tersebut nantinya akan menjadikan Indonesia sebagai market utama.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan di tengah pandemi kali ini, Grab memahami startup juga menghadapi dampak yang tidak terduga. Dengan adanya GVV ini Grab berupaya membina startup agar bertahan dan membangun bisnis yang kuat terhadap dampak seperti saat ini.

"Ada 5 besar startup yang berhasil untuk menarik perhatian kami untuk membantu para UMKM dalam menghadapi COVID-19. Yaitu KliknClean(solusi kebersihan), Luna POS (manajemen keuangan), Printerous (low cost printing), Workmate (manajemen SDM), dan Get Craft (demand growth). Kami harap GVV dapat membantu UMKM dan juga menjalankan program pemerintah" tutur Neneng dalam telekonferensi pers virtual, Jumat (15/5/2020).

Kelima startup terpilih tersebut selanjutnya akan memperoleh bimbingan yang dapat memperkuat model bisnis mereka di tengah pandemi.

Di sisi lain, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki yang turut hadir dalam telekonferensi pers virtual tersebut menyampaikan program GVV yang dibuat oleh Grab dapat membantu pemerintah dalam pengembangan UMKM.

"Kami pemerintah apresiasi GVV, dan sangat mendukung setiap langkah pengembangan UMKM. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Saya yakin bila kita bekerja bersama-sama kita bisa mengatasi COVID-19 dan bangkit," imbuh Teten.

Program GVV ini akan dilangsungkan selama 16 minggu ke depan, setelah itu kelima startup akan melakukan pitching kepada Grab. Selama program ini, startup yang terpilih juga akan menguji layanan mereka ke basis merchant GrabFood. Startup yang berhasil akan mendapat kesempatan untuk berkolaborasi bersama Grab dalam bentuk kemitraan komersial.

Turut hadir pada telekonferensi tersebut, President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dan juga para finalis dari GVV tahap ketiga kali ini.

(prf/fay)