Elon Musk Diancam Kelompok Hacker Anonymous Gegara Bitcoin

Elon Musk Diancam Kelompok Hacker Anonymous Gegara Bitcoin

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 07 Jun 2021 18:14 WIB
Elon Musk Lawsuit
Elon Musk Diancam Kelompok Hacker Anonymous Gegara Bitcoin Foto: Getty Images
Jakarta -

Sosok yang mengklaim sebagai anggota kelompok hacker Anonymous mengancam Elon Musk lewat video yang diunggah di YouTube. Musk dikecam karena cuitannya di Twitter yang membuat harga Bitcoin naik turun.

Video ini diunggah di channel YouTube Anonymous sehari setelah Musk mengirimkan cuitan di Twitter dengan tagar Bitcoin diikuti dengan emoji patah hati. Banyak yang mengira cuitan ini menandakan Musk telah putus hubungan dengan mata uang kripto tersebut.

Dalam video berdurasi tiga menit tersebut, Musk disebut telah menghancurkan hidup dan mimpi banyak orang lewat cuitannya. CEO SpaceX dan Tesla ini juga dituduh tidak mengerti kesulitan yang dialami banyak orang.

"Jutaan investor ritel sangat bergantung pada kentungan kripto mereka untuk meningkatkan taraf hidupnya," kata Anonymous, seperti dikutip dari News.com Australia, Senin (7/6/2021).

"Tentu saja mereka mengambil risiko sendiri saat berinvestasi, dan semua orang tahu untuk bersiap menghadapi volatilitas kripto, tapi cuitan Anda minggu ini menunjukkan ketidakpedulian terhadap para pekerja," sambungnya.

Selain mengkritik cuitan Musk, Anonymous juga mengecam kebijakan Tesla yang awalnya sempat menerima Bitcoin sebagai bentuk pembayaran sebelum menarik kembali kebijakan itu karena masalah lingkungan. Menurut Anonymous, Musk sudah mengerti dampak Bitcoin terhadap lingkungan sebelum menerapkan kebijakan itu.

Anonymous menuduh Tesla menarik kebijakan tersebut karena faktor keuntungan, bukan karena ingin memajukan mata uang kripto. Sebabnya, sebagian besar pendapatan Tesla datang dari kredit 'pajak hijau' dari pemerintah di negara tempatnya beroperasi.

Anonymous menuding Tesla menghentikan program pembelian mobil menggunakan Bitcoin agar tetap bisa mendapatkan kredit pajak tersebut dari pemerintah.

Citra Musk di media sosial juga ikut dikritik. Anonymous mengatakan perilaku Musk yang sebenarnya akan terekspos dan orang-orang akan mulai melihatnya sebagai orang kaya yang narsis dan haus perhatian.

Mereka juga menuduh mimpi-mimpi ambisius Musk, seperti membangun kehidupan di Mars, sebagai bentuk 'superiority complex' dan bukan karena keinginan yang tulus untuk menyelamatkan umat manusia.

"Ada banyak perusahaan lain yang mengembangkan eksplorasi luar angkasa dan kendaraan listrik, Anda satu-satunya CEO yang memiliki pengikut berkat sh*posting dan trolling di media sosial," kata Anonymous.

"Anda boleh saja berpikir sebagai orang terpintar di sini, tapi kini Anda sudah menemukan lawan yang sepadan. Kami Anonymous! Kami adalah legiun, tunggu kami!" sambungnya.

Sebagai orang yang aktif di Twitter, Musk belum merespons tuduhan yang dilontarkan Anonymous dalam video tersebut. Saat ini video tersebut telah ditonton hampir dua juta kali.

Cuitan terakhir Musk di akun Twitter-nya juga cukup ambigu. "Jangan bunuh yang kamu benci, selamatkan yang kamu cintai," cuit Musk.



Simak Video "Elon Musk Setop Jual Tesla Pakai Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)