Potret Ilusi Orangutan Jadi Jawara Kontes Foto Dunia

Potret Ilusi Orangutan Jadi Jawara Kontes Foto Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 04 Jun 2021 09:15 WIB
Juara TTL Photographer of the Year 2021
Juara TTL Photographer of the Year 2021. Foto: BBC
Jakarta -

Sebuah foto menarik orangutan di Kalimantan membuat para juri di kontes fotografi dunia, Nature TTL Photographer of the Year 2021, merasa terpukau karena sudut pandangnya yang unik. Alhasil foto ini mereka nobatkan sebagai jawara pertama dan mengalahkan banyak kontestan yang lain.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, Jumat (4/6/2021), foto itu adalah hasil karya fotografer Thomas Vijayan yang berasal dari Kanada. Ia memberinya judul The World is Going Upside Down. Vijayan berhasil mengalahkan 8.000 karya foto lain yang didaftarkan dari seluruh dunia dan berhak atas hadiah uang 1.500 poundsterling.

"Foto hasil karya Thomas ini memang benar-benar unik dan langsung terlihat menonjol bagi para dewan juri," sebut Will Nichols, pendiri Nature TTL.

"Perspektifnya yang unik dan komposisinya berarti Anda langsung mencoba untuk mencaritahu apa yang sebenarnya Anda lihat," tambah dia.

Vijayan menjepret foto ini langsung di habitat orangutan di Kalimantan. Orangutan itu berada di sebuah pohon yang berada di air sehingga terlihat pantulan serta efek menarik sebagai obyek fotografi.

"Foto ini berarti besar bagiku karena pada saat ini populasi orangutan menurun dalam tingkat yang mengkhawatirkan," kata dia yang merasa peduli terhadap nasib orangutan. Menurutnya, penebangan pohon harus dikendalikan ketat agar orangutan tidak terus menerus kehilangan tempat tinggalnya.

Juara TTL Photographer of the Year 2021Pemenang kedua TTL Photographer of the Year 2021. Foto: BBC

Adapun pemenang kedua dalam kategori Animal Behaviour setelah potret orangutan itu diraih oleh fotografer Johan Wandrag. Berjudul Fish Caught by Surprise, foto yang ia jepret menampilkan seekor buaya dengan ikan mangsa di mulutnya.



Simak Video "Viral Aksi Protes PPKM Pakai Baju Pengantin Ala Lutfi Agizal"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)