Survei: Orang Indonesia Suka Kirim Pulsa ke Keluarga

Survei: Orang Indonesia Suka Kirim Pulsa ke Keluarga

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 28 Mei 2021 15:25 WIB
Ilustrasi smartphone
Orang Indonesia menganggap mengirim pulsa ke keluarga adalah bentuk tanggung jawab. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Sebuah survei mengungkap bahwa masyarakat Indonesia sangat senang membantu sesama, ini diungkap dari kebiasaan mengirim dan menerima pulsa yang tinggi di Tanah Air. Laporan ini merupakan hasil survei Global Prepaid Index (GPI) dari Ding, platform top-up seluler.

Melalui laporan tersebut, diketahui orang Indonesia paling memiliki rasa tanggung jawab dalam membantu teman dan keluarganya dibandingkan dengan negara lain.

"Konektivitas telah menjadi sarana yang tak terpisahkan dalam menjaga kebersamaan keluarga dan orang yang dicintai selama satu tahun terakhir dan diprediksikan akan terus berlanjut di tahun 2021 dan seterusnya. Responden Indonesia mengungkapkan bahwa aktivitas yang paling mereka nantikan saat sudah diperbolehkan ke depannya adalah menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman," kata Mark Roden, Founder & Chief Executive Din.

"Namun dengan adanya ketidakpastian terkait aturan perjalanan serta tantangan yang dihadapi pasca-COVID ke depannya, pulsa seluler dan konektivitas digital akan terus menjadi penting dan dibutuhkan," sambungnya seperti yang tercantum dalam rilis, Jumat (28/5/2021).

Dari laporan ini ditemukan fakta menarik salah satunya bahwa mengirim pulsa dianggap sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keluarga. 43% melaporkan ini sudah menjadi kewajiban mereka, sedangkan 41% lainnya menyatakan penerima sangat membutuhkannya.

Lebih lanjut, hampir sepertiga (74%) orang Indonesia mengaku bahwa mereka pernah mengirim atau menerima pulsa kepada dan/atau dari keluarga maupun teman. Kegiatan saling transfer pulsa antar keluarga sangat tinggi dengan persentase 88% menyatakan bahwa mereka sudah pernah mengirimkan pulsa ke anggota keluarga dan 88% menjawab bahwa mereka pernah menerima hal yang sama. Demikian juga, ada sekitar 81% kegiatan transfer pulsa yang terjadi antara teman dan keluarga.

Mengenai responnya, sebesar 49% orang Indonesia menyatakan bahwa mereka merasa senang saat menerima pulsa dan 49% merasa beruntung karena memiliki seseorang yang dapat membantu mereka dengan hal ini. Hanya sebagian kecil yang merasa bersalah karena menerima pulsa dari teman atau keluarga.



Simak Video "Elektabilitas PDIP-Gerindra Turun, PKB Masuk 3 Teratas Versi SMRC"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)