Wow, Video YouTube Jadul Ini Terjual Rp 10 Miliar

Wow, Video YouTube Jadul Ini Terjual Rp 10 Miliar

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 26 Mei 2021 16:18 WIB
Raleigh, NC - USA - June 27, 2011: Woman Holding an iPad Displaying YouTube with the Charlie Bit My Finger Video.
Video Charlie Bit My Finger di YouTube. Foto: Istock
Jakarta -

Video YouTube Charlie Bit My Finger adalah salah satu yang paling viral pada zamannya, diunggah pada tahun 2007. Kini, video itu telah laku dilelang senilai 538 ribu poundsterling atau lebih dari Rp 10 miliar dengan sistem NFT.

Video bersangkutan sudah dilihat lebih dari 880 juta kali, memperlihatkan kelucuan dua bersaudara asal Inggris, Charlie yang menggigit jari kakaknya, Harry.

Dalam lelang, video ini dijual sebagai NFT atau non fungible token yang belakangan tengah ngetren. Angka penawaran melonjak dalam saat-saat terakhir oleh dua peminat anonim. Akhirnya, Charlie Bit My Finger laku lebih dari setengah juta poundsterling.

Dikutip detikINET dari BBC, videonya akan dihapus dari YouTube oleh pemiliknya walaupun sebenarnya bukan keharusan karena masih punya hak ciptanya.

NFT sendiri adalah semacam sertifikat bahwa seseorang memiliki benda digital. Artinya, versi orisinal video YouTube viral, meme atau tweet bisa dijual sebagaimana layaknya benda seni.

Beberapa waktu lalu, meme Disaster Girl Meme, di mana seorang gadis tersenyum padahal ada kebakaran di belakangnya, laku 473 ribu dolar. Tweet pertama di Twitter oleh sang pendiri Jack Dorsey, baru-baru ini juga laku dengan harga tinggi.

Pembeli berminat pada NFT misalnya untuk nostalgia. Namun apakah fenomena ini bisa menjadi investasi jangka panjang atau hanya tren sesaat masih belum bisa dipastikan.

Secara teknis, NFT adalah salah satu jenis blockchain yang mengacu pada token yang dikeluarkan oleh pengembang di platform Ethereum sesuai dengan standar/protokol ERC721.

Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, perbedaan antara NFT dan Bitcoin dan Ether adalah setiap NFT memiliki nilai tersendiri, dan setiap Bitcoin atau Ether memiliki nilai yang sama. Saat ini, NFT telah merambah ke berbagai bidang, seperti: collectibles, hak kekayaan intelektual, sertifikasi sertifikat, instrumen keuangan, perpajakan, permainan, dll.



Simak Video "Beda YouTube Shorts dengan TikTok dan 'Reels' Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)