Mereka yang Kaya Raya Setelah Jadi Meme, Ada 'Bad Luck Brian'

Mereka yang Kaya Raya Setelah Jadi Meme, Ada 'Bad Luck Brian'

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 01 Mei 2021 22:02 WIB
Disaster Girl
Mereka yang Kaya Raya Setelah Jadi Meme, Ada 'Bad Luck Brian' Foto: Internet
Jakarta -

Menjadi meme yang viral tidak hanya bisa membuat kalian terkenal di jagad internet. Beberapa orang yang wajahnya menjadi meme klasik bahkan telah menjadi miliarder setelah foto mereka terjual sebagai non-fungible token atau NFT.

Salah satunya adalah meme 'Disaster Girl' yang baru-baru ini terjual sebagai NFT dengan nilai hampir USD 500 ribu atau Rp 7,2 miliar. Zoe Roth, mahasiswa berusia 21 tahun yang ada dalam foto tersebut mengatakan uang dari penjualan ini akan ia gunakan untuk biaya kuliah dan sebagian lagi disumbangkan.

Selain Roth, masih ada banyak orang lainnya yang dikenal sebagai meme klasik dan menjual foto mereka sebagai NFT. Sejak awal tahun ini, pengamat melihat meme sedang mengalami 'demam emas' di jagad NFT.

"Sungguh menarik menyaksikan bagaimana demam ini terjadi," kata Editor-in-Chief Know Your Meme Don Caldwell, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu (1/5/2021).

"Setelah menjadi meme, sangat sulit untuk memonetisasinya. Kami telah berbicara dengan beberapa orang yang telah menjadi meme dan mengalami kesulitan menghasilkan uang dari kreasi mereka," sambungnya.

Caldwell mengatakan orang yang pertama kali meramaikan tren meme NFT adalah Chris Torres, kreator meme 'Nyan Cat' yang sudah melegenda. Torres belum lama ini menjual kreasinya dengan nilai USD 580 ribu.

Menurut Caldwell, Torres berteman dengan banyak kreator meme, dan ia yang menasehati mereka untuk menjual kreasinya sebagai NFT.

"Semua kreator meme ini mulai menjual NFT mereka di marketplace bernama Foundation, yang merupakan salah satu yang populer bagi para kreator," kata Caldwell.

Selain Disaster Girl dan Nyan Cat, meme klasik yang sudah menghiasi internet sejak satu dekade yang lalu juga berhasil menjadi mesin uang bagi orang di baliknya.

Seperti 'Bad Luck Brian', yang nama aslinya adalah Kyle Craven. Meski wajahnya sering dikaitkan netizen dengan kesialan, Craven berhasil menjual Bad Luck Brian dengan nilai USD 36 ribu.

Ada juga 'Overly Attached Girlfriend' yang nama aslinya adalah Laina Morris. Pada awal bulan April, Morris menjual meme ini dengan nilai USD 441 ribu.

Caldwell mengatakan saat ini meme klasik yang telah beredar di internet selama bertahun-tahun lebih populer di kalangan pembeli NFT. Tapi ia tidak heran jika ada meme yang lebih baru ikut dijual sebagai NFT.

"Sejauh ini, kita kebanyakan melihat meme yang ikon dan telah ada selama satu dekade atau lebih. Itulah yang membuka jalan sejauh ini, tetapi saya tidak akan terkejut jika meme baru dan kreator meme baru mulai sukses membuat NFT mereka," ucap Caldwell.



Simak Video "Mantap! Tweet Pertama CEO Twitter Laku Rp 41 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)