Wow, Meme 'Disaster Girl' Laku Terjual Rp 7,2 Miliar

Wow, Meme 'Disaster Girl' Laku Terjual Rp 7,2 Miliar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 30 Apr 2021 21:45 WIB
Zoe Roth, Meme
Foto: Internet
Jakarta -

Foto meme 'Disaster Girl' laku terjual dalam bentuk non fungible token (NFT) dan dibeli menggunakan mata uang kripto Ether senilai USD 500 ribu atau Rp 7,2 miliar.

Zoe Roth, mahasiswa 21 tahun, yang ada dalam foto tersebut mengaku akan menggunakan uang hasil penjualan meme itu untuk biaya kuliah dan sebagian lagi akan disumbangkan, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Jumat (30/4/2021).

Foto yang menjadi meme terkenal itu dipotret pada 2005 oleh ayahnya, yaitu David Roth, saat Zoe masih kecil. Saat ada rumah tetangganya yang terbakar, atau tepatnya memang dibakar untuk keperluan latihan pemadam kebakaran.

Foto tersebut kemudian diikutkan dalam kontes -- yang juga dimenangkannya dengan hadiah USD 100 -- dan kemudian mulai beredar di forum-forum internet serta media sosial.

David sendiri awalnya tak menyadari ekspresi Zoe yang menjadi 'nilai jual' dari foto tersebut. Pasalnya menurut David, ia sudah mengetahui latar belakang cerita dari foto tersebut.

Lain halnya jika orang yang tak mengetahui cerita sebenarnya. Yaitu dengan ekspresi Zoe yang cenderung menyeramkan, dan difoto di depan rumah yang sedang terbakar.

Ini bukan pertama kalinya sebuah meme jadul terjual dalam bentuk NFT. Sebelumnya pembuat meme 'Nyan Cat' juga menjual klip video meme viral tersebut senilai USD 605 ribu.

Bahkan CEO Twitter Jack Dorsey pun menjual kicauan pertamanya dalam bentuk NFT dan terjual senilai hampir USD 3 juta. Dorsey mengunggah cuitan pertamanya di Twitter pada 21 Maret 2006 bertuliskan, "Just setting up my twttr." Cuitan itu ia lelang lewat platform Valuables by Cent pada 5 Maret.

Begitu diumumkan, penawaran terhadap cuitan Dorsey langsung melonjak dengan cepat. Ia pun mengatakan akan menutup penawaran pada 21 Maret, sering dengan peringatan 15 tahun cuitan tersebut.

Penawar tertinggi cuitan tersebut adalah Sina Estavi, CEO perusahaan blockchain Bridge Oracle. Estavi awalnya menawar cuitan tersebut dengan harga USD 2,5 juta dan menjadi penawar tertinggi sejak 6 Maret, tapi ia menaikkan tawarannya di saat-saat terakhir.



Simak Video "Mantap! Tweet Pertama CEO Twitter Laku Rp 41 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)