Jumat, 05 Jul 2019 13:43 WIB

Kisah Nyata di Balik Meme Gadis Senyum Saat Rumah Kebakaran

Aisyah Kamaliah - detikInet
Meme gadis tersenyum saat rumah terbakar yang amat populer. (Foto: Internet) Meme gadis tersenyum saat rumah terbakar yang amat populer. (Foto: Internet)
Jakarta - Pernah lihat meme seorang gadis mungil tersenyum dengan latar belakang rumah terbakar? Nah, berikut ini kisah di balik meme populer yang acapkali dijuduli "Disaster Girl" itu.

Adalah Zoe Roth yang menjadi "bintang" dalam meme tersebut. Saat ini usianya sudah 19 tahun, mengingat latar belakang meme itu sendiri tercipta pada 15 tahun yang lalu.

Jadi cerita bermula pada sebuah Sabtu pagi di Januari 2004. Zoe kala itu tengah menonton televisi bersama saudara laki-lakinya Tristan, ketika ibu mereka tiba-tiba datang dan mengatakan sebuah rumah tetangga mengalami kebakaran. Dave Roth, ayah Zoe, dengan cepat membawa anak-anak dan kamera digital baru miliknya ke lokasi kejadian.




Kocaknya, pada saat keluarga Roth tiba di lokasi yang katanya ada kobaran api, informasi yang mereka dapat ternyata kurang tepat. Benar ada api, tapi ternyata itu adalah sebuah acara komunitas. Rumah itu telah disumbangkan ke pemadam kebakaran untuk latihan.

Deg-degan auto hilang, situasi pun jadi lebih rileks. Apalagi petugas pemadam kebakaran mengundang anak-anak sekitar untuk menyemprotkan api dengan selang, demi terlibat dalam latihan. Keluarga Roth sendiri memantau dari seberang jalan.

"Tidak ada bahaya atau stres sama sekali dalam situasi ini," kenang Dave, dikutip dari Refinery 29.




"Anak-anak dan aku berjalan berkeliling untuk melihat api dari sudut yang berbeda. Itu keren -- sesuatu yang tidak kau lihat setiap hari."

Dave kemudian memotret 20-30 foto sebelum pulang, termasuk juga foto Zoe dan Tristan ketika mereka menyaksikan kobaran api. Tiga tahun kemudian, dia mengunggah salah satu gambar Zoe di komunitas berbagi foto Zooomr dan menamakannya "Firestarter". Komentar mulai berdatangan, yang akhirnya membuat Dave tersadar ada hal yang unik dari foto yang ia bagikan. Yap, ekspresi Zoe.

"Karena aku tahu seluruh latar belakang ceritanya, aku mengabaikan ekspresi di wajah Zoe," katanya.

Pada bulan November 2007, Dave mengikuti "Firestarter" dalam kontes foto di sebuah majalah. Beberapa bulan kemudian, dia mengetahui bahwa dia memenangkan $100 atau sekitar Rp 1,4 juta, berlangganan majalah, dan publikasi di edisi Februari / Maret 2008.




"Ayah memberiku sebuah majalah, dan aku mulai membukanya," ujar Zoe.

"Lalu aku melihat fotoku dan aku terkejut! Aku membawanya ke sekolah pada hari berikutnya dan menunjukkan kepada semua orang."

Zoe pun merasa senang. Sampai sekarang ia juga merasa tidak keberatan dengan foto masa kecilnya yang dijadikan meme viral. Tetapi ia mengaku cukup terganggu begitu fotonya diedit secara berlebihan.

"Ada satu foto di mana wajahku ada di tubuh Hitler, yang membuat diriku sedikit tidak nyaman," tandasnya.




Simak Video "Ini Dia Pasangan Pengantin yang Nyanyi di Pernikahannya Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/krs)