Jack Ma Baru Menampakkan Diri 3 Kali dalam 7 Bulan

Jack Ma Baru Menampakkan Diri 3 Kali dalam 7 Bulan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 16 Mei 2021 07:40 WIB
Jack Ma dan Pertarungan Politik China
Jack Ma. Foto: detik
Jakarta -

Oktober 2020, Jack Ma mengkritik sistem keuangan China sudah usang. Sejak itu, perusahaannya jadi diincar pemerintah China dan ia sangat jarang muncul. Bahkan sampai Mei ini atau 7 bulan, Jack Ma baru muncul tiga kali sebagai berikut:

Streaming Pada Guru

Bulan Januari, Jack Ma menampakkan diri setelah hampir 3 bulan absen dari pandangan publik. Sang pendiri Alibaba bertemu dengan 100 guru pedesaan di China melalui video meeting online.

Namun, kemunculan Jack Ma ini masih menjadi misteri. Hal ini karena lokasi di mana ia bicara tidak dilaporkan. Selain itu, perkataannya sama sekali tidak menyinggung kasus yang menimpanya.

Dia membahas soal penghargaan Jack Ma Rural Teachers Award sebagai salah satu aktivitas filantrofi yayasannya pada para guru. Penghargaan itu diberikan di lokasi Kota Sanya.

Nongol Bersama Vladimir Putin

Pada pertengahan April, pendiri Alibaba itu kembali muncul bareng Presiden Rusia, Vladimir Putin. Rupanya, Jack Ma menyempatkan diri menghadiri pertemuan online Russian Geographical Society.

Tampak ia menjadi salah satu peserta dan menyimak pembicaraan Putin dengan seksama. Adapun busananya adalah jas resmi. Ma memang dekat dengan Rusia selama bertahun-tahun dan sudah beberapa kali tampil bersama Putin.

Akan tetapi seperti kemunculan sebelumnya, tidak diketahui persis di mana Jack Ma berada. Dikutip detikINET dari Business Insider, dia juga tidak berbicara sama sekali dalam ajang yang berlangsung selama dua jam tersebut. Kadang ia terlihat minum teh.

Muncul di Kantor Alibaba

Beberapa hari lalu, Jack Ma akhirnya muncul secara fisik di mana ia terlihat mengunjungi markas besar Alibaba di Hangzhou bertepatan dengan event tahunan perusahaan itu untuk para karyawan dan keluarganya.

Seorang karyawan menyebut Jack Ma berada di bus dengan beberapa eksekutif Alibaba. Ia mengenakan T shirt warna biru dipadukan dengan celana warna putih dan sepatu bergaya China.

Jack Ma banyak menebar senyum, menurut sang karyawan. "Sangat senang bisa melihat Jack," kata dia yang tak mau diungkap namanya. "Sayang tidak ada kesempatan untuk berfoto dengan dia," ujarnya.



Simak Video "Jack Ma yang Menghilang Lalu Muncul Lagi Sudah Direncanakan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)