Mengingat Lagi Kekompakan Bill Gates dan Melinda

Mengingat Lagi Kekompakan Bill Gates dan Melinda

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 04 Mei 2021 16:17 WIB
SUN VALLEY, ID - JULY 11:  Billionaire Bill Gates, chairman and founder of Microsoft Corp., and his wife Melinda attend the Allen & Company Sun Valley Conference on July 11, 2015 in Sun Valley, Idaho. Many of the worlds wealthiest and most powerful business people from media, finance, and technology attend the annual week-long conference which is in its 33rd year.  (Photo by Scott Olson/Getty Images)
Mengingat Lagi Kekompakan Bill Gates dan Melinda. Foto: Scott Olson/Getty Images
Jakarta -

Kabar perceraian Bill Gates dan Melinda Ann French mengejutkan publik sedunia. Orang-orang mengingat lagi betapa kompak keduanya, salah satunya dalam berkomunikasi lewat Annual Letter Bill and Melinda Gates Foundation.

Siapa saja yang terjun atau menyukai bidang komunikasi, akan tertarik mengikuti Annual Letter atau surat tahunan yang disampaikan Bill Gates dan Melinda setiap tahunnya.

Baik Bill maupun Melinda sama-sama merupakan ahli komunikasi. Surat tahunan ini ditulis langsung oleh keduanya. Mereka sangat jeli menggunakan berbagai teknik penulisan dan penyampaian untuk membuat informasi yang kompleks menjadi mudah dipahami dan menarik untuk dibaca.

Penulis buku 'Five Stars: The Communication Secrets to Get from Good to Great' Carmine Gallo lewat tulisannya yang dimuat di Forbes, menyebutkan bahwa 'The 2021 Bill and Melinda Gates letter' menyampaikan informasi berdasarkan data tentang pandemi dengan cara yang menarik.

"Keterlibatan sangat penting karena jika orang tidak memahami sains, mereka cenderung tidak akan bertindak berdasarkan informasi tersebut," ujarnya seperti dikutip dari Forbes, Selasa (4/5/2021). Gallo pun merangkum 3 strategi komunikasi yang membuat surat tahunan Bill dan Melinda memikat.

1. Menggunakan bahasa sangat sederhana

Kebanyakan ahli mencoba membuat orang terkesan dengan seberapa banyak yang mereka ketahui. Mereka menggunakan kata-kata besar dan jargon misterius yang hanya dapat dipahami oleh sedikit orang di luar bidang tersebut.

Komunikator yang efektif seperti Bill dan Melinda, melakukan yang sebaliknya. Semakin kompleks topiknya, semakin sederhana kata-kata yang mereka gunakan. Bill dan Melinda juga lebih sering membuat kalimat pendek agar lebih mudah diingat. Karenanya, kalimat yang sering dikutip dari surat tahunan itu adalah kalimat yang pendek. Singkat, tetapi mereka berbicara banyak:

2. Memakai metafora yang familiar

Bill berfokus pada bagaimana mencegah pandemi di masa depan. "Pertama, kita perlu tahu wabah penyakit segera setelah terjadi, dimanapun itu terjadi," tulisnya.

Jika virus ternyata sangat menular atau sama sekali baru, Bill merekomendasikan agar sekelompok orang yang tahu lebih dulu agar segera bertindak. Dia menggunakan metafora untuk menjelaskan ini:

Kelompok ini ibarat regu tembak di tengah pandemi. Sama seperti petugas pemadam kebakaran, mereka adalah para profesional terlatih yang siap menanggapi potensi krisis pada saat itu juga.

Seperti petugas pemadam kebakaran yang terus berlatih, para responden ini perlu secara teratur menjalankan 'latihan' yang mensimulasikan wabah di dunia nyata. Ini sama seperti permainan perang yang memungkinkan militer bersiap untuk peperangan di kehidupan nyata.

Bill dan Melinda percaya bahwa otak manusia memproses dunia dalam metafora. Mereka berusaha agar analogi yang kompleks bisa tergambar lebih konkret.

3. Membagikan cerita untuk mendukung data

"Salah satu hal yang paling saya rindukan selama setahun terakhir adalah bepergian untuk melihat langsung yayasan kami bekerja. Di rumah kami, saya memajang foto-foto wanita yang saya temui dalam setiap perjalanan ini. Sekarang, saya bekerja dari rumah sambil memandangi wajah mereka sepanjang waktu," tulis Melinda.

Melinda percaya pada kekuatan bercerita. Dia sering menggunakan cerita nyata dari orang-orang yang ditemui atau dikenalnya untuk mendukung argumen dan datanya.

Misalnya, Melinda membuat argumen: "Jika pemerintah mengabaikan fakta bahwa pandemi dan resesi memengaruhi kaum perempuan secara berbeda, hal itu akan semakin memperpanjang krisis dan memperlambat pemulihan ekonomi bagi semua orang."

Saat berdiskusi, Melinda sambil memperlihatkan foto-foto perempuan yang kisahnya ia ceritakan. Salah satunya, Melinda pernah menceritakan sekelompok ibu-ibu yang ditemuinya di Indonesia.

"Ini adalah sekelompok perempuan yang saya temui di Indonesia pada tahun 2017. Salah satunya ada Ibu Suparti, yang memegang tablet," tulisnya. Lalu dia menceritakan kiprah perempuan tersebut. Melinda dan Bill meyakini bahwa data memang memberikan informasi, tetapi cerita bisa membuatnya lebih sampai ke hati.

Dari tiga strategi tersebut, Gallo mengatakan "The 2021 Bill and Melinda Gates letter" layak dibaca sepenuhnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pandemi COVID-19, pelajaran yang telah dipelajari para ilmuwan yang akan menyelamatkan nyawa di masa depan, dan saran praktis tentang bagaimana kita dapat mencegah wabah agar tidak berubah menjadi wabah global lainnya.

"Ada banyak informasi di surat itu, tapi syukurlah Bill dan Melinda membuatnya mudah dimengerti," ujarnya.

Kini, Bill dan Melinda resmi bercerai. Kabar ini memang membuat patah hati semua orang yang mengagumi keduanya. Tapi kekompakan Bill dan Melinda tidak ikut berakhir. Para penggemar keduanya masih akan terus melihatnya, salah satunya lewat surat tahunan Bill and Melinda Gates Foundation.

Hal ini sudah dikatakan oleh Bill dan Melinda. Saat mengumumkan perceraian, keduanya sepakat bahwa meski mengakhiri pernikahan, mereka tetap beriringan dalam menjalankan misi kemanusiaan.

"Selama 27 tahun terakhir kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Kami terus berbagi keyakinan pada misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama sebagai yayasan. Namun kami tidak lagi percaya bahwa kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan pada fase selanjutnya dalam hidup kami," tulis keduanya.



Simak Video "Bill Gates dan Melinda Resmi Cerai!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)