Mau Jadi Influencer Kaya Raya? Harus Punya Followers Segini

Mau Jadi Influencer Kaya Raya? Harus Punya Followers Segini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 22:25 WIB
Happy asian woman vlogging with gimbal tripod and smartphone - Influencer chinese girl having fun with new trend technology - Millennial generation activity job, youth and tech concept - Focus on face
Mau Jadi Influencer Kaya Raya? Harus Punya Followers Segini Foto: Getty Images/iStockphoto/DisobeyArt
Jakarta -

Menjadi influencer di media sosial seperti TikTok, YouTube dan Instagram bisa menghasilkan cuan yang jumlahnya fantastis. Tapi itu semua bergantung pada jumlah followers dan views.

Bintang besar seperti Dwayne 'The Rock' Johnson, Kylie Jenner atau Christiano Ronaldo yang sudah memiliki lebih dari 200 juta followers di Instagram bisa meraup USD 1 juta dengan satu postingan.

Influencer biasa mungkin sulit mendapatkan penghasilan jutaan dolar seperti bintang-bintang di atas. Tapi untuk bisa benar-benar menjadikan kehidupan influencer sebagai pekerjaan yang menghasilkan uang, kalian tidak perlu memiliki jutaan followers.

Platform lisensi musik Lickd.co baru-baru ini meluncurkan kalkulator 'gaji sosial' yang bisa menghitung berapa banyak followers yang kalian butuhkan di Instagram, TikTok dan YouTube untuk mendapatkan penghasilan sebesar USD 100.000 atau Rp 1,4 miliar.

Untuk menghitung estimasi ini, Lickd.co menggunakan data dari tools dan laporan milik Influencer Marketing Hub, agensi kreator SevenSix, dan platform branding influencer SocialPubli.

Kalian bisa melihat berapa cuan yang bisa dapatkan dengan jumlah followers yang saat ini dimiliki menggunakan kalkulator Linkd.co. Tapi, kalau kalian memang berniat mendapatkan miliaran rupiah lewat media sosial, simak berapa jumlah followers yang kalian butuhkan, seperti dikutip dari CNBC, Senin (3/5/2021).

YouTube

Untuk mulai mendapatkan uang lewat video YouTube, kalian harus ikut monetisasi lewat YouTube Partner Program (YPP) yang memungkinkan kalian mendapatkan uang lewat iklan yang muncul di video kalian.

Untuk bergabung dengan YPP, kalian setidaknya harus memiliki 1.000 subscribers, dan video kalian telah ditonton lebih dari 4.000 jam dalam satu tahun terakhir. Kalau ingin mendapatkan Rp 1,4 miliar dari YouTube, kalian harus mengumpulkan 24 juta views dalam satu tahun.

Instagram

Untuk mendapatkan uang lewat Instagram, kalian harus mengandalkan sponsored post alias endorsement. Berdasarkan kalkulator Linkd.co, pengguna Instagram dengan 5.000 followers bisa mendapatkan USD 350 per postingan endorsement.

Jika ingin mendapatkan Rp 1,4 miliar dari postingan di Instagram, kalian harus memiliki followers minimal 5.000 dan mengunggah 308 konten endorse setiap tahunnya. Setelah mendapatkan satu juta followers, seorang influencer diperkirakan bisa meraup USD 250 ribu per postingan.

TikTok

Sama seperti YouTube, TikTok juga punya program khusus bernama TikTok Creator Fund untuk kreator dan influencer yang ingin memonetisasi kontennya.

Untuk bergabung dengan program ini kalian harus memiliki setidaknya 10.000 followers dan 10.000 views dalam 30 hari. Tapi program ini masih terbatas di Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol dan Italia.

Jika ingin mendapatkan Rp 1,4 miliar dari video TikTok, kalian harus semangat mencari ide kreatif karena dibutuhkan lebih dari 270 juta views dalam setahun.

Kalkulator ini tentu saja menggunakan basis rate card atau tarif endorsement dari influencer di AS. Jadi perhitungannya mungkin kurang akurat kalau untuk influencer di Indonesia.

Bagaimana detikers, siap beralih kerja jadi influencer di media sosial?



Simak Video "Penjelasan Polri soal Netizen yang 'Diproses' Usai Komentari Gibran"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)