Fitur Baru Bikin Instagram Live Jadi Mirip Clubhouse

Fitur Baru Bikin Instagram Live Jadi Mirip Clubhouse

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 01 Mei 2021 08:52 WIB
Fitur Baru Instagram
Fitur Baru Bikin Instagram Live Jadi Mirip Clubhouse Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Instagram punya fitur baru untuk menyaingi Clubhouse. Fitur baru ini memungkinkan pengguna Instagram Live untuk mematikan audio atau video saat sedang siaran langsung.

Instagram pertama kali menguji coba fitur baru ini saat siaran Instagram Live antara CEO Facebook Mark Zuckerberg dan Head of Instagram Adam Mosseri. Saat ini fitur tersebut bisa digunakan oleh seluruh pengguna Instagram di seluruh dunia, baik di Android maupun di iOS.

Dalam keterangan resminya, Instagram menjelaskan fitur ini akan memberikan host Instagram Live fleksibilitas saat sedang siaran langsung. Mereka jadi bisa lebih nyaman berbicara karena tidak harus khawatir dengan penampilannya di video.

"Kami ingin membangun produk Live dan menawarkan lebih banyak cara untuk komunitas kreator kami untuk mendorong percakapan yang lebih spontan, yang melibatkan satu sama lain dan audiens mereka," kata juru bicara Instagram dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Gizmodo, Sabtu (1/5/2021).

"Dengan memberikan orang-orang opsi untuk mematikan audio atau videonya, host akan memiliki fleksibilitas pada pengalaman livestream mereka, karena fungsi tambahan ini bisa membantu mengurangi tekanan untuk terlihat atau bersuara dengan cara tertentu saat siaran langsung," sambungnya.

Saat ini host tidak mematikan atau mengaktifkan video atau mendiamkan audio pengguna lain di livestream mereka. Tapi Instagram mengatakan mereka sedang berupaya menghadirkan opsi ini dalam waktu dekat.

Fitur baru Instagram Live ini mengikuti langkah Facebook yang telah mengumumkan beberapa fitur baru untuk menyaingi Clubhouse. Fitur bernama Live Audio Rooms itu rencananya akan dirilis tengah tahun ini.

Fitur tersebut akan lebih dulu diluncurkan ke grup dan tokoh masyarakat untuk pengujian. Baru setelah itu akan tersedia untuk pengguna umum di Messenger.



Simak Video "Alasan Instagram Telat Boyong Instagram Music ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)