Babi Ngepet, Ibu Wati dan Ustaz Adam Lawan Netizen +62 - Halaman 2

Terpopuler Sepekan

Babi Ngepet, Ibu Wati dan Ustaz Adam Lawan Netizen +62

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 01 Mei 2021 08:11 WIB
Ustaz Adam Ibrahim jadi tersangka hoax babi ngepet di Depok
Foto: Ustaz Adam Ibrahim jadi tersangka hoax babi ngepet di Depok (Bagus/detikcom)

4. LIPI tak percaya, polisi curiga

Tidak semua orang terpesona dengan kehebohan babi ngepet Depok. Dari sisi sains, LIPI skeptis dengan kejadian itu. Peneliti bidang zoologi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Taufiq Purna Nugraha, mengatakan secara ilmiah tidak ada babi ngepet. Meski begitu, ia menghormati kepercayaan masyarakat sekitar.

"Kalau dari sudut pandang ilmiah sih, itu babi ngepet atau bukan, saya nggak bisa jawab, kalau di dalam ilmiah tidak ada itu istilahnya babi ngepet," kata Taufiq.

Selain itu polisi pun curiga. Polsek Sawangan datang ke lokasi kejadian dan menemui Ustaz Adam Ibrahim dan warga sekitar. Semua ditanyai oleh polisi. Polisi lalu membongkar kuburan babi ngepet dan memeriksa bangkainya. Polisi menegaskan itu babi hutan biasa.

5. Fakta ilmiah babi hutan

Dalam penelusuran detikINET, babi hutan bukan hewan yang aneh di Jawa meskipun jarang. Ada sejumlah fakta ilmiah dalam berbagai penelitian yang dilakukan para ilmuwan.

Fakta itu antara lain: Indonesia punya dua sub spesies babi hutan, yaitu celeng (Sus scrofa vittatus) dengan bulu putih di moncongnya dan bagong (Sus verrucosus) yang punya kutil di moncongnya.

Bagong adalah hewan endemik Jawa dan hewan langka. Sementara celeng tersebar dari Sumatra, Jawa sampai Pulau Komodo. Celeng dan bagong adalah hewan nokturnal yang aktif di malam hari memakan buah dan umbi-umbian. Kedua sub spesies ini kawin satu sama lain, melahirkan spesies campuran. Sudah lama keduanya dimusuhi petani karena memakan hasil pertanian.

Halaman selanjutnya: kebohongan terungkap dan serbuan netizen...